Mengenal Jenis Ikan Arwana, Harga, & Ciri-cirinya

Oleh: Iswara N Raditya - 2 Desember 2019
Dibaca Normal 2 menit
Harga ikan arwana tergantung jenis, ukuran, dan ciri khas yang menambah daya tarik.
tirto.id - Ikan arwana termasuk salah satu spesies ikan air tawar yang paling digemari, termasuk untuk dibudidayakan karena bernilai ekonomi tinggi ini bervariasi. Harga ikan arwana tergantung jenis, ukuran, dan ciri-ciri yang menjadi daya tarik tersendiri.

Dikutip dari Field Guide to the Freshwater Fishes of Australia (2002) karya G.R. Allen dan kawan-kawan, arwana merupakan ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae yang sudah ada sejak zaman Cretaceous (zaman Kapur), periode terakhir dari era Mesozoikum (252-65 juta tahun lalu). Jadi, ikan arwana dapat dikategorikan sebagai ikan purba.

Populasi dan persebaran ikan arwana terdapat di berbagai seluruh belahan dunia, dari Amerika Selatan, dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, bahkan Australia. Ikan arwana yang banyak terdapat di Indonesia termasuk dalam kategori arwana Asia yang punya ciri-ciri tersendiri.

Ciri khas ikan arwana Asia antara lain bentuk badannya yang panjang, letak sirip dubur yang jauh di belakang badan, dan umumnya berwarna perak. Ikan arwana Asia, kerap dikaitkan dengan mitologi naga dalam tradisi masyarakat Tionghoa sehingga sering disebut pula sebagai “ikan naga”.


Ikan arwana memang diperjual-belikan. Namun, ada beberapa jenis dari ikan ini yang terbilang langka dan dilindungi. Berikut ini jenis-jenis ikan arwana yang ada di Indonesia beserta kisaran harganya, dihimpun dari berbagai sumber:

Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red banyak ditemukan di Borneo, khususnya di Kalimantan Barat. Ciri-ciri umumnya adalah warna merah pada sirip, bibir, serta sungut, saat masih muda. Menjelang dewasa, warna merah juga akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya sehingga badan ikan akan terlihat mencolok namun indah.

Varian ikan Arwana Super Red ini dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red). Harga ikan Arwana Super Red bervariasi, antara 2 juta sampai hampir 50 juta, tergantung jenis, ukuran, dan faktor-faktor lainnya.

Arwana Banjar

Seperti namanya, jenis ikan Arwana Banjar berhabitat di wilayah Kalimantan Selatan, terutama di Banjarmasin. Ikan ini memiliki kesan warna merah namun tidak setegas Arwana Super Red. Ciri yang paling menonjol dari ikan Arwana Banjar adalah siripnya yang berwarna oranye dan ekor kekuningan.

Ikan Arwana Banjar bisa mencapai panjang hingga 90 cm sehingga dibutuhkan tempat yang cukup luas untuk memelihara atau membudidayakannya agar ikan yang termasuk atraktif ini dapat bergerak bebas. Harga ikan Arwana Banjar diperkirakan sekitar Rp2 jutaan.

Arwana Papua

Ikan Arwana Papua atau yang dikenal pula dengan sebutan Arwana Jardini hidup di perairan Papua hingga Australia. Jenis ikan Arwana yang bisa tumbuh hingga sepanjang 90 cm dan berat sampai 17 kg ini memiliki warna kuning keemasan namun tidak terlalu mencolok.

Ciri-ciri utama dari fisik ikan Arwana Papua adalah badannya yang berwarna dasar hitam kecokelat-cokelatan dengan bintik-bintik kuning keemasan, bahkan hingga di bagian kepala hingga sirip dan ekornya. Harga ikan jenis ini sekitar Rp4 jutaan.

Arwana GoldenPino

Ikan Arwana Golden Pino yang kerap disebut pula sebagai Arwana Hijau atau Green Arowana tersebar di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, hingga Kamboja.

Keunikan yang menjadi ciri khas ikan Arwana Golden Pino adalah warnanya yang tampak seperti perpaduan antara kuning, emas, dan hijau. Ciri fisik mencolok lainnya terlihat pada kepala yang berukuran lebih besar ketimbang jenis ikan arwana Asia lainnya. Harga ikan Arwana Golden Pino berada di sekitar angka Rp4 jutaan.

Arwana Red Tail Golden

Jenis ikan arwana Asia satu ini juga dikenal dengan sebut Arwana Golden Red atau Arwana RTG yang berasal dari perairan Riau dan beberapa wilayah di Pulau Sumatera lainnya. Di habitat alam liarnya, ikan Arwana Red Tail Golden sangat agresif sehingga cukup susah ditangkap.

Ciri khas ikan Arwana Red Tail Golden atau Arwana Golden Red adalah paduan warnanya yang terdiri dari hijau, biru, dan kuning keemasan, serta sedikit warna merah. Harga ikan jenis ini paling murah adalah Rp2 juta, namun bisa lebih mahal tergantung ukuran dan perpaduan warnanya.

Baca juga artikel terkait IKAN ARWANA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Hobi)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight