Menuju konten utama

Mengenal Google Meet: Cara Kerja hingga Fitur

Google Meet adalah aplikasi konferensi percakapan video secara online. Bagaimana cara menggunakan dan fiturnya? Berikut ini penjelasannya.  

Mengenal Google Meet: Cara Kerja hingga Fitur
Ilustrasi Video Call. Getty Images/iStockphoto

tirto.id - Google Meet adalah salah satu aplikasi atau software yang dapat dimanfaatkan untuk tetap produktif dalam bekerja meski dilakukan dari rumah. Lantas, apa itu Google Meet?

Di tengah mewabahnya virus corona COVID-19, sejumlah perkantoran telah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Segala aktivitas tatap muka untuk sementara waktu diganti dengan menggunakan media berbasis online.

Dilansir dari Software Advice, perangkat lunak ini merupakan sebuah aplikasi konferensi percakapan video secara online. Ini adalah versi lain dari Google Hangouts yang dikhususkan untuk bisnis dari semua ukuran.

Apa Itu Google Meet

Google Meet memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lainnya per pertemuan. Dengan kata lain, Google Meet bisa menjadi media alternatif untuk bersosialisasi dengan rekan kantor atau bahkan melakukan rapat kerja.

Google Meet terintegrasi dengan G Suite, yang memungkinkan pengguna untuk dapat bergabung langsung dari Kalender atau undangan yang dikirim via email.

Selain itu, undangan meeting yang dibuat dari aplikasi tersebut juga dapat diakses melalui tautan dan kode rapat yang dikirimkan, serta nomor telepon jika tersedia.

Pengguna yang menggunakan Skype for Business atau sistem berdasarkan standar SIP dan H.323 (Polycom dan Cisco) juga dapat dengan mudah bergabung dengan pertemuan Google Meet melalui Pexip Infinity Platform.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat dinikmati melalui perangkat seluler, baik itu iOS maupun Android. Pengguna dapat pula memantau jadwal rapat dengan semua informasi penting dari Kalender layaknya versi desktop.

Adapun cara untuk membuat undangan pertemuan tersebut yakni dengan membuat akun di G Suite. Anda akan diminta untuk memasukkan nama bisnis, pilih jumlah karyawan, dan isi data diri untuk menjadi admin G Suite.

Ikuti alur pendaftaran hingga selesai. Setelah itu barulah Anda akan memiliki akses ke email bisnis, konferensi video, penyimpanan online, dan alat bisnis lainnya.

Jika ingin mencoba layanan ini, G Suite tawarkan uji coba gratis selama 14 hari. Tidak ada perangkat lunak yang harus diunduh untuk uji coba 14 hari gratis tersebut.

Baca juga artikel terkait GOOGLE MEET atau tulisan lainnya

tirto.id - Teknologi
Editor: Ibnu Azis
Penyelaras: Ibnu Azis