Mengapa Perceraian Abdee Slank dan Ahok Banyak Dicari di Google?

Oleh: Alexander Haryanto - 22 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sampai saat ini sudah ada 10 ribu pencarian terkait perceraian Abdee Slank. Sementara perceraian Ahok pernah dicari hingga 100 ribu netizen.
tirto.id - Istri Abdee Slank, Anita Desy Farida menjadi selebriti yang paling banyak di-googling oleh netizen Indonesia pada Kamis (22/2/2018). Pencarian dengan keyword "istrinya Abdee Slank" bertengger di urutan ke-lima Google Trend. Hal itu terjadi lantaran gitaris Slank ini sedang menghadapi perceraian.

Data dari Google Trend menunjukan keyword "Istrinya Abdee Slank" mulai menjadi trend sekitar pukul 11.30 WIB, dan puncaknya sekitar pukul 5.20 WIB. Sampai saat ini sudah ada 10 ribu pencarian.

Kasus perceraian Abdee Negara ini pertama kali diberitakan oleh Wartakota pada Rabu (21/2/2018), permohonan cerai terhadap sang istri Anita Desi Farida di Pengadilan Negeri Agama Jakarta Selatan telah diajukan sejak Oktober 2017 lalu.

Untuk membaca laporan lengkap mengenai pencarian istri Abdee Slank, bisa mengunjungi tautan Google Trend.

Istrinya Abdee Negara


(Google trend Perceraian Abdee Slank)

Abdee tidak sendiri, kasus perceraian mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan istrinya Veronica Tan juga pernah menjadi isu yang paling banyak dicari warga net. Bahkan, keyword "Ahok Gugat Cerai" sempat menjadi pencarian terpopuler dengan 100 ribu pencarian pada 8 Januari 2018.

Kabar ini mulai tersiar saat Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara menyatakan gugatan cerai Ahok kepada istrinya Veronica Tan didaftarkan pada Jumat tanggal 5 Januari 2018.

Ahok Gugat Cerai


(Google trend Ahok Gugat Cerai)

Kasus Abdee dan Ahok bagian kecil dari penceraian di Indoneisa. Menurut BPS, angka talak dan cerai di negeri ini per 2015, telah mencapai 347.256 kasus. Sementara angka perceraian yang diputus pengadilan tinggi agama seluruh Indonesia tahun 2014 mencapai 382.231, naik dibandingkan dengan pada 2010 sebanyak 251.208 kasus.

Tapi kenapa kedua orang itu menjadi trending di Google?

Abdee Negara adalah gitaris grup papan atas, Slank yang bermarkas di Jalan Potlot. Band ini memiliki jutaan penggemar setia. Bahkan, fanspage Facebook band asal Jakarta ini telah disukai 7,8 juta penggemar, sementara di Twitter diikuti oleh 2,6 juta penggemar dan Instagram diikuti sekitar 230 ribu penggemar.

Selain itu, Abdee kerap tampil sebagai narasumber di beberapa televisi, baik sebagai juru bicara Slank maupun juru bicara relawan Jokowi di Pilpres 2014. Bahkan, Slank juga sempat menciptakan lagu “Salam Dua Jari” yang mengantarkan Jokowi sebagai Presiden RI yang ke 7.

Sementara Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok adalah mantan Gubernur DKI Jakarta, namanya begitu populer lantaran sikapnya yang dinilai kontroversi, mulai dari gaya kepemimpinannya hingga tersandung kasus dugaan penodaan agama. Kepopuleran Ahok bisa dilihat di akun media sosial miliknya. Sampai saat ini ada 2,5 juta orang yang menyukai fanspage Ahok, akun Twitter miliknya diikuti 7,6 juta orang dan di Instagram ada 3 juta pengikut.

Meski dinilai kontroversi, survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan 76 persen mayoritas warga Jakarta puas terhadap Ahok sebagai gubernur.

Baca juga artikel terkait PERCERAIAN atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto