Penutupan Kongres PDIP

Megawati Umumkan Pengurus Baru DPP PDIP Sabtu Ini

Oleh: Bayu Septianto - 10 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Umum PDIP terpilih periode 2019-2024 Megawati Soekarnoputri akan menutup rangkaian kongres dan mengumumkan pengurus baru DPP PDIP hari ini, Sabtu (10/8/2019).
tirto.id - Kongres ke-V PDIP memasuki hari terakhir, Sabtu (10/8/2019). Ketua Umum PDIP terpilih periode 2019-2024 Megawati Soekarnoputri akan menutup rangkaian kongres yang djgelar sejak Kamis (8/8/2019). Pengurus baru DPP PDIP juga akan diumumkan Megawati pada hari ini.

"Jadi besok [hari ini] tentu Ibu Ketua Umum terpilih, sesuai mandat Kongres, itu sudah selesai menyusun struktur dan personalia DPP partai untuk periode lima tahun ke depan. Itu yang akan diumumkan dan dilantik oleh Ketua Umum PDIP Megawati," kata Ketua Sidang Paripurna Kongres V PDIP I Wayan Koster di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019) malam.

Koster yang juga menjabat Gubernur Bali itu mengatakan struktur kepengurusan telah disusun dalam rapat paripurna dan tidak ada perubahan dalam struktur tersebut. Sama seperti periode sebelumnya, sebanyak 27 orang akan mengisi jabatan struktural yang ditentukan oleh Megawati.

"Tidak ada perubahan, sama seperti struktur sekarang, terdiri dari 27 personel," ucapnya.

Selain agenda pengumuman dan pelantikan DPP, Kongres V PDIP hari ini juga mengagendakan penyerahan keputusan-keputusan kongres kepada Megawati sebagai ketua umum terpilih.

Megawati juga dijadwalkan akan kembali menyampaikan pidato politiknya dilanjutkan menutup kongres yang telah dihelat sejak Kamis (8/8/2019).


"Besok [hari ini] jadwalnya tinggal lagi satu, paripurna yang akan mengagendakan acara satu, adalah penyerahan keputusan-keputusan Kongres V dan palu pimpinan Kongres V kepada Ketua Umum terpilih, dalam hal ini kepada Ibu Megawati sebagai Ketua Umum terpilih," pungkas Koster.

Wayan Koster mengatakan agenda sidang masing-masing komisi telah mengambil berbagai keputusan penting dan telah disahkan dalam rapat paripurna. Tak hanya itu, penajaman program-program partai dan dana abadi partai telah disetujui dalam rapat paripurna.

"Selain itu juga telah diputuskan mengenai penajaman program-program partai, termasuk dana abadi partai yang akan diatur oleh Ketua Umum bersama DPP partai. Jadi PDIP akan mengembangkan dana abadi untuk partai," kata Wayan Koster di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019) malam.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai juga telah disetujui untuk disempurnakan. Nantinya apa saja yang disempurnakan akan diberikan kepada pengurus DPP periode yang baru.


Baca juga artikel terkait KONGRES PDIP atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Maya Saputri
DarkLight