Kasih Sayang kepada Orang Tua

Mawang Indie dan Mengapa Orang Tak Pandai Bernyanyi?

Oleh: Alexander Haryanto - 11 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lagu Mawang Indie berjudul "Kasih Sayang kepada Orang Tua" mendadak viral, apa penyebabnya?
tirto.id - Pria berambut gondrong, Mawang mendadak viral diperbincangkan karena lagunya berjudul "Kasih Sayang kepada Orang Tua" yang ia bawakan di acara Kelas Indie. Dalam video di Youtube, Maw & Wang mengatakan bahwa lagu yang ia bawakan itu merupakan lagu kasih sayang kepada orang tua, yang ia sebut susah diungkapkan dengan kata-kata.

Sebelum bernyanyi, ia sempat berbicara sedikit tentang "orang tua" yang ia selipkan dengan bahasa Sunda. Namun, saat memulai lagu, ia bernyanyi dengan absurd, sedikit mengerang dan tidak mengucapkan kata-kata dengan jelas, bahkan cenderung sumbang. Anehnya, video tersebut justru viral. Sampai tulisan ini diturunkan, video tersebut sudah ditonton hampir satu juta kali di Youtube.

Entah disengaja atau tidak, Mawang membuat dirinya seperti tidak bisa bernyanyi. Namun, di satu sisi ada pula yang terhibur dengan apa yang ia bawakan. Lantas, muncul pertanyaan, apa yang membuat orang tidak pandai bernyanyi?

Peneliti musik asal Kanada, Sean Hutchins mengatakan, penyebab beberapa orang bernyanyi buruk karena kurang mampu mengendalikan nada suara. Menurut dia, dibutuhkan kemampuan khusus untuk menyinkronkan nada.

Selain itu, Hutchins mengatakan, kontrol suara juga membutuhkan serangkaian proses fisik yang berkoordinasi dengan udara yang bergerak keluar dari paru-paru. Menurut dia, proses tersebut yang sangat rumit.

"Ini seperti Anda menjepit ujung balon dan kemudian membiarkan udara keluar," kata Hutchins.

Di sisi lain, menurut Hutchins, kemampuan bernyanyi juga disebabkan oleh kontrol terhadap pikiran. Ia mengatakan, seseorang dengan tingkat kecemasan yang tinggi akan lebih sulit mencapai kontrol nada yang ingin dituju.

Ia mengatakan, orang-orang dewasa yang bernyanyi dengan lagu-lagu favorit mereka akan memiliki kemungkinan yang lebih baik, "karena sudah berlatih mendengar dan mereproduksi suara-suara itu," kata dia seperti dikutip The Guardian.

Akan tetapi, ia mengatakan, seorang ibu yang mendengarkan musik kepada anak sewaktu masih dalam kandungan akan membuat anak tersebut memiliki pengalaman musikal, yang secara tidak sadar akan berguna untuk sang anak di kemudian hari.


Baca juga artikel terkait MUSIK INDIE atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight