Masuk Daftar Cawapres, Cak Imin Klaim PKB Dukung Jokowi di 2019

Oleh: Mufti Sholih - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dukungan itu disampaikan Muhaimin setelah berolahraga kano dan boling bersama Presiden Joko Widodo.
tirto.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan partainya mendukung Presiden Joko Widodo untuk kembali maju dalam Pemilu Presiden 2019.

“Saya nyatakan 'bismillahirrohmanirrohim' PKB mendukung pencalonan Pak Jokowi pada Pemilu Presiden 2019,” kata Muhaimin, yang kerap disapa Cak Imin, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (14/7/2018).

Dukungan itu disampaikan Muhaimin setelah berolahraga kano dan boling bersama Presiden Joko Widodo di kompleks olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Lelaki yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan dukungan tersebut diberikan dengan harapan Jokowi bisa memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Saat disinggung soal kapan dukungan resmi PKB disampaikan, Cak Imin menyebut, kebersamaan PKB bersama Jokowi tidak pernah berubah sejak 2014. Sementara terkait calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo, Cak Imin menyerahkan kepada Jokowi dan partai koalisi pendukungnya.

“Yang pasti kepada para kiai, nahdliyin, pendukung, semua sabar. Saya optimistis nama saya ada di saku Pak Jokowi, amin, ya, robbal alamin,” ucap Muhaimin sembari tersenyum.

Meski belum dinyatakan dalam forum resmi, PDI Perjuangan sebagai pendukung utama Jokowi, langsung memberikan respons. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut dukungan yang diberikan Cak Imin merupakan keputusan yang tepat.

“Bergabungnya PKB senafas dengan upaya membentuk pemerintahan yang kuat dan efektif ke depan. Dukungan ini menunjukkan Presiden Jokowi sangat piawai di dalam merangkul kekuatan nasional bangsa,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Hasto, koalisi pendukung Jokowi segera mempersiapkan langkah selanjutnya untuk mempersiapkan diri menuju pendaftaran calon presiden. Selama ini, kata Hasto, PDIP selalu menunggu PKB untuk bergabung dengan tangan terbuka. “Ini modal politik penting bagi efektivitas pemerintahan ke depan,” kata Hasto.

Sejauh ini, Jokowi mengaku telah mengantongi nama cawapres. Ia pun meminta publik bersabar menanti pengumuman siapa yang akan dijadikan cawapres pendampingnya.

Menurut Jokowi, saat ini ada lima nama kandidat calon wakil presiden yang masuk pertimbangan. Lima nama itu merupakan pengerucutan dari 10 nama yang sebelumnya masuk pertimbangan.

Salah satu nama yang masuk dalam pertimbangan Jokowi adalah Muhaimin Iskandar. “Saya harus ngomong apa adanya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar,” kata Jokowi di Jakabaring Sport City, siang tadi.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Mufti Sholih
(tirto.id - Politik)

Reporter: antara
Penulis: Mufti Sholih
Editor: Mufti Sholih