Masih Ada Calo Meski Tiket Indonesia vs Malaysia Dijual Daring

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 5 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Dari pengamatan reporter, masih ada calo tiket Indonesia vs Malaysia di kawasan FX Sudirman, pelataran Gedung TVRI, Kemenpora hingga sekitar Pintu Masuk 2, 5, dan 10 SUGBK.
tirto.id - Langkah PSSI meniadakan loket penjualan tiket fisik untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Malaysia masih belum berhasil mengurangi praktik percaloan tiket.

Menjelang kickoff pertandingan, berdasarkan pantauan Tirto, masih banyak calo tiket bisa dijumpai di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Di antaranya, ada calo yang menawarkan tiket di kawasan FX Sudirman, pelataran Gedung TVRI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sekitar Pintu Masuk 2, 5, dan 10 SUGBK, sampai Gerbang B, G, dan E SUGBK.

Calo yang beroperasi di Gerbang G bahkan jaraknya cuma beberapa meter dari gerbang pemeriksaan petugas keamanan.

"Biasa aja, [sistem penjualan PSSI] enggak ngaruh ke kite. Tadi siang sih sempat susah cari tiket yang buat dijual. Tapi udah banyak sekarang," ungkap Bambang (bukan nama sebenarnya), calo tiket di sekitat Gerbang G.


Sejak siang, Bambang mengakui sudah bisa menjual enam tiket.

"Kalau kategorinya [tiket] saya ada hampir semua. Mau kategori 3 ada, kategori 1 ada. VIP saya juga pegang," imbuhnya.

Untuk tiket-tiket kategori yang diburu, seperti kategori tiga, Bambang mematok keuntungan di kisaran Rp60 ribu per lembar.

"Kalau harga itu enggak pasti tapi. Semakin dekat ke pertandingan, semakin kami turunkan harganya. Kadang juga ada yang nawar," ucap dia.

Calo lainnya di sekitar FX Sudirman berkata sistem yang diterapkan PSSI tidak banyak berdampak padanya.

"Kemarin [saya] sudah pesan online. Tadi siang juga ada orang yang nawarin tiket sisa. Kalau online doang gini kan sebenarnya bukan sekali dua kali ya, jadi sudah biasa juga," papar calo yang enggan disebut namanya.

Sejak awal PSSI cuma menerapkan sistem penjualan daring melalui laman resminya dan aplikasi gawai KitaGaruda.


Selain untuk memudahkan penonton mendapat tiket (tanpa perlu mengantre) dan meminimalisir pengeluaran, sistem ini diharapkan mampu menekan angka ketergantungan suporter terhadap calo.

Dari laporan terakhir, Rabu (4/9/2019) PSSI mengklaim tiket telah terjual lebih dari 48 ribu lembar dari alokasi sebanyak 66.433 tiket.

PSSI juga mengalokasikan 450 tiket untuk suporter tim Malaysia dan lebih dari 2 ribu tiket undangan telah menyebar undangan kepada tamu penting, termasuk presiden Joko Widodo.

"Kami berharap beliau [Jokowi bisa datang] untuk menyaksikan pertandingan. Insyaallah menyaksikan timnas kita menang," kata Deputi Sekjen PSSI, Marshal Masita.

Ditargetkan sekitar 70 ribu kapasitas SUGBK terisi penuh. Kickoff pertandingan Indonesia vs Malaysia dijadwalkan berlangsung Kamis (5/9/2019) malam nanti pukul 19.30 WIB. Selain hadir ke stadion, masyarakat Indonesia dapat menyaksikan pertandingan ini akan lewat siaran langsung Mola TV.

Baca juga artikel terkait INDONESIA VS MALAYSIA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Zakki Amali
DarkLight