Seputar Perempuan

Marshanda Tumor Payudara: Risiko Kematian & Apa Saja Pengobatannya?

Penulis: Dhita Koesno - 17 Jun 2022 20:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Marshanda tumor payudara, mengaku tidak takut dan siap mati, lalu seberapa besar risiko kematian saat mengidap penyakit ini?
tirto.id - Artis Marshanda belum lama ini mengaku mengidap kanker payudara dan hal itu diungkapkannya dalam kanal YouTube pribadinya MARSHED pada 30 Mei lalu.

Marshanda menyatakan, meski tumor tersebut telah menyebabkan payudaranya terkadang terasa sakit, dirinya tidak merasa takut.

Namun, dia juga tidak mau begitu saja pasrah dengan keadaannya, Marshanda mengatakan bahwa ia sedang berjuang melalui ikhtiar dan tawakal, salah satunya dengan melakukan pengobatan di Singapura.

Dalam rekaman pengakuannya itu, Marshanda memang tengah berada di Singapura untuk menjalani pengobatan dan berjuang demi kesehatannya.

Meski demikian, wanita yang biasa dipanggil Caca ini juga menyampaikan bahwa ia siap menghadapi kematian, karena mati akan dialami oleh semua orang, bukan karena dia sakit, kanker dan sebagainya.


Risiko Tumor Payudara


Lalu apa sebenarnya tumor payudara itu dan bagaimana risiko kematian dari penyakit ini?

Situs National Breast Cancer menuliskan, tumor adalah massa jaringan abnormal. Ada dua jenis tumor kanker payudara: yang non-kanker, atau 'jinak', dan yang bersifat kanker, yang 'ganas'.

Tumor Jinak

Ketika tumor payudara didiagnosis jinak, dokter biasanya akan membiarkannya sendiri daripada mengangkatnya.

Meskipun tumor ini umumnya tidak agresif terhadap jaringan di sekitarnya, kadang-kadang mereka dapat terus tumbuh, menekan jaringan lain dan menyebabkan rasa sakit atau masalah lain.

Dalam situasi ini, tumor diangkat, yang memungkinkan rasa sakit atau komplikasi mereda.

Grading tumor adalah sistem yang digunakan untuk mengklasifikasikan tumor ganas kanker payudara berdasarkan tingkat keparahan mutasi dan kemungkinan penyebarannya.

Sel-sel kanker payudara diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan, di antara faktor-faktor lain, seberapa mirip sel-sel kanker payudara dengan sel-sel sehat (disebut derajat histologis) dan bentuk serta ukuran inti sel tumor (disebut tingkat nuklir), serta seberapa cepat sel-sel itu membelah dan berkembang biak.

Tumor ganas

Tumor ganas bersifat kanker dan mungkin agresif karena menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya.

Ketika tumor dicurigai ganas, dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan atau agresivitas tumor.

Kanker metastatik

Kanker metastatik adalah ketika sel-sel kanker dari tumor ganas menyebar ke bagian lain dari tubuh, biasanya melalui sistem getah bening atau dengan menggunakan aliran darah, dan membentuk tumor sekunder.

Ketika berhadapan dengan kanker payudara, tumor sering dinilai berdasarkan skala satu hingga tiga yang menunjukkan seberapa agresif sel kanker tersebut:

  • Kelas rendah (1) – Berdiferensiasi baik
  • Kelas menengah (2) – Berdiferensiasi sedang
  • Kelas tinggi (3) – Diferensiasi buruk
Tumor tingkat rendah lebih terlihat seperti jaringan normal di bawah mikroskop. Tumor tingkat tinggi terlihat tidak normal dan kurang seperti jaringan normal dan cenderung lebih agresif.

Dikutip laman Mayo Clinic, setelah kanker kulit, kanker payudara adalah kanker yang paling umum didiagnosis oleh. Kanker payudara dapat terjadi pada pria dan wanita, tetapi jauh lebih sering terjadi pada wanita.

Saat ini, tingkat kelangsungan hidup kanker payudara telah meningkat, dan jumlah kematian yang terkait dengan penyakit ini terus menurun, sebagian besar karena faktor-faktor seperti deteksi dini, pendekatan pengobatan baru yang dipersonalisasi, dan pemahaman yang lebih baik tentang penyakit ini.

Tingkat atau kelas tumor yang diketahui lebih dini bahkan membantu menentukan rencana perawatan terbaik, dan secara umum, tumor tingkat rendah berarti peluang yang lebih baik untuk pemulihan secara penuh.

Namun, ada juga penderita yang membuat pemulihan penuh pada setiap tahap dan bahkan dengan tingkat tumor agresif tertinggi.


Pengobatan Tumor Payudara


Jika Anda menderita tumo dan kanker payudara, maka perlu membentuk tim multidisiplin (MDT), yaitu sekelompok spesialis yang bekerja sama untuk memberikan pengobatan dan perawatan terbaik.

Beberapa perawatan utama untuk jenis tumor dan kanker payudara, seperti dikutip NHS, adalah:

  • Operasi
  • Radioterapi
  • Kemoterapi
  • Terapi hormon
Kanker payudara yang didiagnosis pada pemeriksaan rutin mungkin pada tahap awal, tetapi kanker payudara yang didiagnosis ketika Anda memiliki gejala, mungkin akan berada pada tahap selanjutnya dan memerlukan perawatan yang berbeda.

MTD harus mendiskusikan dengan Anda perawatan mana yang paling sesuai.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Yantina Debora

DarkLight