Manfaat Menikmati Suasana Alam Saat Pandemi: Bantu Anda Tetap Waras

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jalan-jalan menikmati suasana alam bisa membantu Anda tetap waras di tengah pandemi Covid-19.
tirto.id - Pandemi COVID-19 telah membebani kesehatan mental masyarakat. Isolasi, kekhawatiran tentang virus itu sendiri, dan kekhawatiran tentang pekerjaan semuanya bisa menjadi beban psikologis yang sangat besar.

Dalam sebuah studi baru yang dilansir CBC, menunjukkan "berjalan-jalan di alam" mungkin bisa membantu menjaga kesehatan mental. Para peneliti menemukan, perjalanan melalui alam - seperti hutan atau taman - dapat meningkatkan emosi positif.

Dalam studi tersebut, yang mengamati kesehatan mental orang dewasa, 60 peserta di California diminta untuk berjalan kaki selama 15 menit setiap hari selama delapan minggu, dengan beberapa orang ditugaskan untuk berjalan dengan menikmati alam dan yang lainnya tidak diberi instruksi tentang ke mana harus berjalan.


Orang-orang yang berjalan sambil menikmati alam melaporkan rasa ingin tahu yang meningkat tentang dunia di sekitar mereka. Para peneliti menemukan emosi positif ini bahkan tercermin dari selfie orang-orang, di mana partisipan "tersenyum lebar".

Rasa kagum "adalah emosi yang menarik, karena mendorong apa yang kita sebut small self, kata penulis utama Virginia Sturm, seorang profesor di departemen neurologi serta psikiatri dan ilmu perilaku di Universitas California San Francisco.

"Artinya, ketika Anda merasa kagum, Anda merasa lebih kecil dari alam di sekitar kita, dan kita merasa terhubung dengan dunia ini," katanya.

Semua masalah yang kita anggap "benar-benar membebani, ketika kita mundur selangkah dan melihat [mereka] dalam perspektif yang lebih besar ini, mereka tampak lebih kecil."

"Saya pikir ini lebih merupakan perubahan pola pikir, untuk menemukan kekaguman dalam momen dan ruang kecil dalam hidup kita, daripada harus melakukan perjalanan ke Grand Canyon atau melakukan sesuatu yang besar," katanya.

Rasa kagum itu dapat ditemukan hampir di mana di alam sekitar. Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke taman. Anda bisa memelihara tanaman atau menonton rerumputan di halaman rumah.

Bagi mereka yang mungkin tidak bisa keluar rumah, bahkan menonton video alam atau hewan dapat menumbuhkan rasa kagum, kata Sturm.

Sementara penelitian itu kecil dan terfokus pada orang dewasa yang lebih tua, Sturm mengatakan orang-orang dari segala usia "membutuhkan sedikit dosis perasaan positif sepanjang waktu untuk mengatasi stres dan ketidakpastian yang intens yang baru saja merambah dunia saat ini."

Jika Anda hendak melakukan perjalanan melewati alam atau pergi ke taman di dekat rumah sekalipun, jangan lupa untuk tetap #IngatPesanIbu menerapkan protokol 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).


----------------------

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight