Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan: Cegah Kanker & Baik untuk Otak

Oleh: Ahmad Efendi - 8 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Lima manfaat mengkonsumsi jus wortel bagi kesehatan
tirto.id - Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Sayuran berwarna jingga ini merupakan sumber serat, kalium, karotenoid atau beta karoten, hingga antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Masyarakat banyak mengolah wortel menjadi campuran sup, salad, hingga jadi minuman menyehatkan, seperti jus. Selain sehat dan lezat, jus wortel juga memiliki rasa yang unik, warna yang menggugah selera, dan kaya akan kandungan nutrisi, namun rendah kalori.

Mengolah wortel menjadi jus sangatlah mudah dilakukan di rumah. Anda hanya cukup mencampurkannya dengan sedikit air, dan kemudian menghaluskannya menggunakan juicer.

Sebagai tips, sebelum mengolahnya menjadi jus sebaiknya pilih wortel yang matang, mulus, dan segar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayur-sayuran atau buah-buahan lain sesuai selera. Namun, agar lebih sehat, sebaiknya jangan menambahkan gula ke dalam jus wortel.

Manfaat jus wortel untuk kesehatan sangat beragam. Minuman ini baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, fungsi otak, hingga meningkatkan proses metabolisme serta daya tahan tubuh. Manfaat ini berkat kandungan nutrisi yang melimpah dalam segelas jus wortel.

Berikut ini lima manfaat mengkonsumsi jus wortel bagi kesehatan :

1. Meningkatkan kesehatan mata, kulit, dan otak.

Dilansir dari Healthline, jus wortel adalah sumber beta karoten yang baik. Di dalam tubuh, beta karoten akan diolah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini mampu melindungi mata dari beragam gangguan, seperti degenerasi makula, katarak, glaukoma, dan xerophthalmia.

Jus wortel juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang bisa melindungi retina dan lensa mata.

Healthline juga menjelaskan bahwa dalam 100 gram wortel, terdapat setidaknya enam miligram vitamin C. Vitamin ini adalah salah satu sumber antioksidan dan dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka dan cedera. Jus wortel baik dikonsumsi setiap hari bagi Anda yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau psoriasis.

Selain baik untuk mata, beta karoten yang terkandung dalam wortel juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Rutin mengonsumsi beta karoten bahkan dikatakan mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia.

2. Membantu menjaga berat badan

Mengutip NDTV, jus wortel mampu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini karena, dalam 100 gram wortel terdapat sekitar tiga gram serat yang cukup mengenyangkan untuk perut. Minuman ini rendah kalori, namun kaya akan asupan nutrisi, yang pas dikonsumsi bagi orang yang ingin mengaur berat badan.

3. Mengontrol tekanan darah dan kolesterol

NDTV memberikan 10 daftar makanan yang dapat mengontrol tekanan darah, dan wortel merupkan salah satunya.

Wortel mengandung kalium yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Dalam 100 gram wortel, setidaknya terdapat 300 gram kalium.

Kalium dari wortel mampu menyeimbangkan kadar garam (natrium) dan cairan tubuh, sehingga bisa mengontrol tekanan darah. Selain itu, rutin mengonsumsi jus wortel juga dipercaya bisa mengontrol kadar kolesterol.

4. Mengurangi risiko terkena kanker

Kanker berkembang ketika sel-sel dalam tubuh mengalami perubahan sifat menjadi ganas dan berkembang biak tidak terkendali. Mengutip laporan American Institute for Cancer Research, kandungan antioksidan yang ada pada wortel inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker, seperi kanker payudara dan kanker prostat.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Dalam situasi pandemi, penting menjaga daya tahan tubuh untuk menghindari paparan virus corona yang masih menjadi ancaman.

Kandungan nutrisi pada jus wortel juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsinya secara rutin, dapat memperkuat imun dan tak mudah diserang penyakit.

Bahkan, dalam porsi kecil, saat Anda sedang mengalami flu, mengkonsumsi us wortel dapat membuat kita cepat pulih dan bisa kembali melanjutkan aktivitas sehari-hari.


Baca juga artikel terkait WORTEL atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight