Menuju konten utama

Malam Tahun Baru 2018: Daftar Pengalihan Arus Lalin di Jakarta

Pusat kegiatan malam Tahun Baru 2018 di DKI Jakarta akan berada di Jalan MH Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia dan kawasan Pantai Ancol.

Pekerja menyelesaikan pembuatan panggung hiburan yang akan digunakan untuk perayaan malam Tahun Baru di Monas, Jakarta, Jumat (29/12/2017). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

tirto.id - Polda Metro Jaya akan mengalihkan arus lalu lintas di beberapa kawasan yang akan menjadi pusat perayaan malam Tahun Baru 2018 pada Minggu (31/12/2017).

"Kami melaksanakan pengalihan arus di beberapa titik yang menjadi pusat kegiatan malam tahun baru dan beberapa tempat wisata," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra di Jakarta, Sabtu (30/12/2017).

Pengalihan arus lalu lintas di DKI Jakarta saat malam Tahun Baru 2018 adalah sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Hayam Wuruk dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Jalan Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng-Pejambon-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani.

2. Arus lalu lintas dari Semanggi arah Bundaran HI akan dialihkan ke Jalan Karet Tanah Abang-Cideng.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur arah ke Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira-Lapangan Banteng-Jalan Veteran Raya- Harmoni atau ke Jalan Pasar Baru-Jalan Gunung Sahari.

4. Arus lalu lintas dari Tugu Tani arah Jalan Medan Merdeka Selatan akan dialihkan ke Jalan Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Lapangan Banteng dan seterusnya atau ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit.

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan di kawasan Pantai Ancol:

1. Kendaraan yang datang dari turunan Tol Ancol Barat diputarbalikkan di SPBU Bintang Mas, selanjutnya mengarah Penjaringan-masuk ke Tol Ancol Barat atau melintas di Jalan Kampung Bandan mengarah ke Tamansari, Jakarta Barat.

2. Kendaraan yang datang dari Jalan Gunung Sahari diputarbalikkan melalui Dorbrak Jimbaran, kembali ke arah Jakarta Pusat. Apabila terdapat kendaraan yang lolos, maka dibelokkan ke kiri di lampu merah Mangga Dua memasuki Jalan Mangga Dua Raya lalu masuk ke Jakarta Pusat. Apabila kendaraan lolos dari lampu merah Mangga dua diarahkan belok kiri ke arah Tol Ancol Barat atau belok kanan mengarah Jembatan Goyang.

3. Kendaraan yang datang dari Jalan Benyamin Sueb diluruskan melalui perempatan lampu merah Pasir Putih, lurus ke arah timur atau Tanjung Priok.

4. Kendaraan yang datang dari arah Tanjung Priok dibelokkan ke kiri ke Jalan Baru Ancol menuju Sunter.

Rute menuju pusat perayaan malam Tahun Baru 2018 di Ancol:

1. Jalur Barat (dari arah Penjaringan melintas Jalan Lodan Raya):

- Arus lalu lintas yang datang dari Penjaringan melintas di Jalan Lodan Raya diarahkan masuk ke Pintu Marina melalui Jalan Parangtritis-Jalan Karang Bolong-Jalan Pelabuhan Ratu masuk melalui pintu Marina.

- Apabila pintu Marina padat, maka diarahkan masuk melalui gerbang utama Ancol Barat.

- Apabila di depan gerbang utama Ancol Barat terjadi kepadatan maka arus lalu lintas diarahkan melalui Jembatan Goyang dan masuk melalui gerbang utama Ancol Timur.

- Apabila gerbang utama Ancol Timur padat, maka pengunjung Ancol diarahkan masuk melalui Pintu Carnaval

2. Jalur Selatan (dari arah Jalan Gunung Sahari Raya):

- Pengunjung yang datang dari Jalan Gunung Sahari Raya diarahkan melalui gerbang utama Ancol Barat.

- Apabila terjadi kepadatan sekitar lampu merah Bintang Mas maka arus lalu lintas yang datang dari Jalan Gunung Sahari Raya dialihkan ke Jalan Mangga Dua Raya.

- Apabila arus lalu lintas yang mengarah lampu merah Bintang Mas masih terjadi kepadatan, maka dibelokkan ke kanan menuju ke Jembatan Gantung dan masuk melalui gerbang utama Ancol Timur maupun pintu masuk Carnaval.

3. Jalur Tengah (dari arah Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran):

- Pengunjung yang datang dari arah Jalan Benyamin Sueb diarahkan masuk gerbang utama Ancol timur melalui lampu merah Pasir Putih-Pertigaan depan Hydros-Bunderan Hydros-gerbang utama Ancol Timur.

- Apabila terjadi kepadatan di gerbang utama Ancol Timur maka lalu lintas di lampu merah Pasir Putih dialihkan ke Pintu Carnaval.

4. Jalur Timur (dari arah Jalan RE Martadinata dan out ramp Ancol Timur)

- Pengunjung yang akan masuk Ancol dari arah Tanjung Priok (Jalan RE Martadinata) dapat melalui Jembatan PLTU, lanjut mengarah ke Pintu Carnaval atau diluruskan melintas di Jalan RE Martadinata-Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur.

- Pengunjung yang datang dari Jalan Baru Ancol diarahkan melintas Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur, apabila terjadi kepadatan maka dialihkan masuk melalui pintu masuk Carnaval.

- Pengunjung yang datang dari out ramp Ancol Timur diarahkan melintas Jembatan Goyang masuk melalui gerbang utama Ancol Timur, apabila terjadi kepadatan dialihkan ke Pintu Masuk Carnaval.

Rekayasa lalu lintas di sekitar objek wisata TMII:

1. Arus dari arah Cawang lurus sampai TL. PGC masuk Jalan Raya Bogor lurus sampai TL. Hek Belok Kiri arah TL. Garuda Lurus ambil jalur sebelah kiri menuju pintu I, atau lurus menuju Pintu III.

2. Arus dari arah Pasar Minggu di TL. Pasar Rebo lurus sampai Terowongan Sianturi belok kiri arah Pintu I dan III, atau TL. Psr Rebo belok kiri Jl. Raya Bogor Lurus TL. Hek Belok Kanan sampai TL. Garuda lurus menuju ke Pintu I dan III.

3. Arus dari arah Depok dan Bogor di TL. Pasar Rebo belok kanan lurus sampai Terowongan Sianturi belok kiri arah Pintu I dan III, TL. Psr Rebo lurus Jl. Raya Bogor Lurus TL. Hek Belok Kanan sampai TL. Garuda lurus lurus menuju ke Pintu I dan III.

4. Arus dari arah Jl. Hankam dan Ceger di TL. Pintu III belok kanan masuk terowongan belok kiri lurus menuju Pintu I dan III atau di arahkan lurus ke arah Kp. Rambutan lurus sampai TL. Psr Rebo diarahkan belok kanan Jl. Raya Bogor Lurus TL. Hek Belok Kanan sampai TL. Garuda lurus lurus menuju ke Pintu I dan III.

5. Arus dari arah Pondok Gede, diarahkan belok ke depan Rumah sakit Haji belok kiri Jl. Taman mini II lurus menuju ke Pintu II atau diarahkan ke TL. Garuda belok kiri lurus menuju pintu I dan III.

Rekayasa lalu lintas di sekitar TMII jika dalam kondisi kelebihan kapasitas:

1. Arus dari arah Cawang lurus sampai TL. PGC masuk Jalan Raya Bogor lurus sampai TL. Hek Belok Kiri arah TL. Garuda diarahkan belok kiri masuk Jl. Raya Pondok Gede.

2. Arus dari arah Pasar Minggu di TL. Psr Rebo belok kiri Jl. Raya Bogor Lurus TL. Hek Belok Kanan sampai TL. Garuda diarahkan belok kiri masuk Jl. Raya Pondok Gede.

3. Arus dari arah Depok dan Bogor di TL. Pasar Rebo lurus Jl. Raya Bogor Lurus TL. Hek Belok Kanan sampai TL. Garuda diarahkan belok kiri masuk Jl. Raya Pondok Gede.

4. Arus dari arah Jl. Hankam dan Ceger di TL. Pintu III di arahkan lurus ke arah Kp. Rambutan lurus sampai TL. Psr Rebo diarahkan belok kanan Jl. Raya Bogor Lurus TL. Hek Belok Kanan sampai TL. Garuda TL. Garuda diarahkan belok kiri masuk Jl. Raya Pondok Gede.

5. Arus dari arah Pondok Gede, diarahkan belok ke depan Rumah sakit Haji belok kiri Jl. Taman mini II lurus menuju ke Pintu II atau diarahkan ke TL. Garuda belok kanan lurus TL. Keramik lurus sampai TL. Hek masuk Jl. Raya Bogor.

Selain itu, kawasan wisata Puncak, Jawa Barat akan ditutup pada Minggu (31/12/2017) pukul 18.00 WIB hingga Senin (1/1/2018) jam 06.00 WIB dengan jalur yang ditutup, dimulai dari Ciawi hingga Cianjur dan arah sebaliknya.

Kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya yang disediakan saja (shuttle bus) dari lokasi parkir yang telah disiapkan. Sementara pengunjung lainnya dapat menikmati malam Tahun Baru 2018 dengan berjalan kaki.