MAI Foundation Galakkan Donasi Rp100 Ribu untuk Korban Gempa Palu

Oleh: Zulkifli Songyanan - 25 Oktober 2018
Sepanjang Oktober ini, dana yang berhasil dihimpun Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation dari kalangan internal Mandirian mencapai Rp1,3 miliar.
tirto.id - Lembaga zakat Bank Mandiri, Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation, menggalakkan program donasi Rp100 ribu untuk korban bencana nasional Palu dan Donggala.

Dihubungi Tirto pada Kamis (10/25), Chalfinur, Head Fundrising and Partnership MAI Foundation menyebut sepanjang Oktober ini dana yang berhasil dihimpun lembaganya dari kalangan internal Mandirian mencapai Rp1,3 miliar.

“Kami mengambil momentum ulang tahun ke-20 Bank Mandiri,” kata Chalfi.

Chalfi menjelaskan, setiap kali menggalang donasi MAI bekerjasama dengan seluruh lini usaha Bank Mandiri, salah satunya dengan Digital Banking.

Melalui sosialiasi Mandiri Pay, produk anyar Digital Banking Bank Mandiri, Chalfi berharap ke depannya para nasabah maupun Mandirian bisa lebih mudah berdonasi ke MAI. “Dengan adanya aplikasi semacam itu berdonasi jadi semudah menggerakkan jemari,” katanya.

Sebelum tsunami menerjang Palu dan Donggala, MAI Foundation juga memberikan bantuan kepada korban gempa di Lombok.

Saat itu, MAI mendirikan 50 rumah sementara di tiga wilayah, yakni Kekait, Sembalun, dan Terengan. “Memang namanya rumah sementara, tapi rumah itu kuat hingga 1-2 tahun. Bahan yang digunakan dinilai aman terhadap gempa, antara lain spandek, baja ringan, dan bambu,” tambah Chalfi.

Di Lombok, selain mendirikan rumah sementara, bantuan yang diberikan MAI Foundation juga diwujudkan dalam bentuk bantuan logistik dan kesehatan. Bantuan logistik diwujudkan dalam bentuk posko bencana dan dapur umum, sementara bantuan kesehatan—bekerjasama dengan Mandiri in Health dan Axa Mandiri—meliputi trauma healing dan kesehatan keliling.

Rencananya, selain bantuan semacam itu, untuk korban tsunami Palu dan Donggala pihak MAI juga akan menggelar program 20 truk makanan.

“Hingga saat ini, MAI Foundation masih menerima donasi untuk Palu dan Donggala. Donasi bisa disalurkan lewat Rekening Mandiri 070-000-0002-03-5 atas nama Yayasan Mandiri Amal Insani,” pungkas Chalfi.

Baca juga artikel terkait BANK MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Zulkifli Songyanan
(tirto.id - Marketing)

Reporter: Zulkifli Songyanan
Penulis: Zulkifli Songyanan
Editor: Maya Saputri