Mahfud MD Kutip Guyonan Luhut Soal "Corona is Like Your Wife"

Oleh: Haris Prabowo - 27 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menkopolhukam RI Mahfud MD sempat berkelakar mengutip guyonan Luhut soal "corona is like your wife" terkait situasi pandemi di Indonesia ibarat istri yang sulit ditaklukkan.
tirto.id - Menkopolhukam RI Mahfud MD sempat berkelakar mengutip guyonan berasal dari meme yang ia terima langsung dari Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan. Guyonan tersebut terkait keadaan pandemi corona di Indonesia yang disebut Luhut mirip dengan seorang istri yang sulit ditaklukkan.

Hal tersebut dikatakan oleh Mahfud saat agenda halalbihalal Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret virtual pada Selasa (26/5/2020) kemarin.

Awalnya, Mahfud menyinggung bagaimana pemerintah saat ini sedang berupaya menerapkan new normal pasca mengatasi Covid-19 di Indonesia.

"Istilah sekarang itu namanya new normal. Membuat kenormalan yang baru karena dia kebiasaan. Karena sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kemudian apa kita mau mengurung diri ndak? Kita menyesuaikan dengan keadaan itu tapi tetap menjaga diri. Seperti corona ini," kata Mahfud dalam video conference.

Kata Mahfud, guyonan Luhut soal istri ini kondisinya sama seperti virus corona di Indonesia saat ini. Hal tersebut ia dapat dari meme berbahasa Inggris yang ia terima dari Luhut.

"Judulnya itu. Dalam bahasa Inggris. Corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Then you learn to live with it," katanya.

"Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mengawini, kamu berpikir kamu bisa menaklukkan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukkan istrimu. Sesudah itu. Then you learn to live with it. Ya sudah, sudah begitu," lanjutnya.

Ia juga membahas bagaimana wacana lockdown di Indonesia menjadi perdebatan antara yang setuju dan tidak.

"Ada dokter IDI yang mengatakan, jangan sekali-sekali diadakan pelonggaran, itu berbahaya, itu pembunuhan masal. Tapi Wakil Ketua IDI ketika ketemu Sri Sultan mengatakan, ngapain takut-takut. Lockdown itu malah membunuh orang banyak," katanya.

"Bagaimana yang terbaik, mari kota diskusi, belum ada keputusan soal itu, semua masih dalam wacana dan kontroversi masih ada. Dan kita harus terbiasa harus menghadapi itu. Seperti yang saya katakan tadi, corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Then you learn to live with it," katanya kembali mengeluarkan guyonan berbahasa Inggris itu.


Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight