tirto.id - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud Md, menyapa masyarakat melalui media sosial Tiktok di malam tahun baru. Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa, mengakui langkah tersebut dilakukan untuk meraup suara pemilih.
"Jadi menurut saya, itu salah satu strategi yang memang dilihat oleh baik Mas Karaniya sebagai deputi kanal media maupun Mas Syafril Nasution sebagai Deputi Komunikasi 360 untuk memaksimalkan suara Mas Ganjar, pak Mahfud ini reaching out seluas-luasnya," kata Andika di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (1/1/2024).
Tidak hanya live tiktok, TPN Ganjar-Mahfud juga sudah memiliki strategi untuk meraup suara. Namun dia enggan merinci hal tersebut. Sementara itu, Deputi Kanal Media TPN Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menuturkan aksi Mahfud live tiktok tidak meniru paslon lain.
"Seperti yang tadi saya bilang itu kalau Mas Ganjar kan sebetulnya sudah duluan. Mas Ganjar sudah live tiktok, IG sudah duluan, Mas Alam sudah duluan. Prof Mahfud itu sebetulnya sudah mau mulai itu pas kamu cek di IG pas ada prof Mahfud ini, yang prof Mahfud di pesantren apa tuh. waktu itu sudah mau mulai. sudah mau mulai cuma enggak ada sinyal," ungkap Karaniya.
Karaniya mengatakan, kegiatan live dilakukan Mahfud untuk meraih segmen pemilih di media sosial. Dia menuturkan setiap platform punya segmen pemilih yang berbeda.
"Memang sejak awal kita kan melihat semua segmen penting. semua segmen ada Media platform sendiri-sendiri lah. nah kalau yang buat GenZ dan milenial of course sosial media penting dan saya kira tiktok juga salah satu yang terpenting ya. Karena itu tentu kita memanfaatkan semua channel yang disesuaikan dengan segmen, media behaviour dan media habisnya masing-masing," ungkap Karaniya.
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin