Tulus Abadi

Ketua Pengurus Harian YLKI (2016)
Lahir: Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia, 23 November 1970
Karir
  • Redaktur Majalah 'Warta Konsumen' YLKI (1998-2007)
  • Direktur Eksekutif YLKI (2004-2007)
  • Ketua Pengurus Harian YLKI (2016)
Pendidikan
  • Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (1990-1996)

Tulus Abadi adalah Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).   LSM ini memiliki misi membela hak-hak seluruh konsumen di Indonesia. Ketika terjadi aksi mogok Lion, YLKI meminta pemerintah menegur manajemen Lion Air. Aksi mogok kerja tersebut menyebabkan beberapa pesawat mengalami keterlambatan penerbangan. "Kementerian Perhubungan harus memberikan teguran sekeras-kerasnya kepada manajemen Lion Air karena menelantarkan konsumennya, apa pun alasannya," ujar Tulus Abadi

Setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, pada tahun 1996, Tulus merantau ke Jakarta untuk melamar kerja di dua LSM terkenal Indonesia sekaligus. Di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan YLKI. Tulus lebih suka jika dirinya diterima  YLBHI atau Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia. Karena sesuai dengan bidang yang dipelajari ketika kuliah. Namun, panggilan kerja yang ditunggu-tunggu justru datang dari YLKI. Tulus pernah menjadi redaktur Majalah 'Warta Konsumen' YLKI sejak 1998. terkait kerjanya di YLKI, Tulus pernah menulis VCD Bajakan vs Mental Pembajak (2000). Dimana dia menjadi juara lomba karya tulis tingkat nasional, untuk kategori jurnalis. Sejak muda dia sudah mendalami jurnalistik. 

Pengalaman Tulus antara lain, sebagai Peserta Magang pada Consumer Association of Penang, Malaysia (Februari-Maret 2002), Delegasi Indonesia pada Communicating the Evidence for Tobacco Control-Regional Seminar, Penang, Malaysia, (September 2002), Delegasi Indonesia pada International Seminar in Transport Sector '''Movilidad Alternativa Y Humana', Bogota, Colombia(Februari 2003), peserta 'Legal Drafter Workshop on Tobacco Control', Manila, Philiphina (Desember 2004), peserta pada Tobacco Control Advocay Workshop, Phuket, Thailand (Juni 2005), peserta Konggres Organisasi Konsumen Dunia di Sydney, dan Australia (Oktober 2007)

DarkLight