Tsamara Amany

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia Bidang Eksternal
Lahir: -
Karir
  • Politisi Indonesia
  • Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia Bidang Eksternal

Nama Tsamara Amany baru-baru ini menjadi bahan perbincangan banyak orang, lantaran keberaniannya berdebat dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di media sosial beberapa waktu lalu. Tsamara Amany merupakan mahasiswi semester IV jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina.

Perempuan yang sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang pengacara tersebut dengan tegas mengkritik sikap dan pendapat Wakil Ketua DPR yang kerap memojokkan KPK. Melalui blog, Twitter, dan kolom di media online, Tsamara membuat lima video singkat bertajuk "5 Sesat Pikir Fahri Hamzah". Tsamara saat ini terjun ke dunia politik dan aktif di Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Perempuan yang biasa dipanggil Sammy ini mengkritiki sikap dan pendapat Fahri Hamzah yang kerap memojokkan KPK itu. Perang twit pun terjadi antara Tsamara dan Fahri membahas mengani korupsi beserta lembaga anti korupsi, KPK.

Menurut Ketua DPP PSI Bidang Eksternal ini, pemberantasan korupsi adalah salah satu amanat reformasi yang tertuang dalam Tap MPR XI/98 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN. Tap MPR tersebut kemudian diturunkan menjadi UU No 20/2001 yang mengatakan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime).

Keberanian Tsamara melawan Fahri Hamzah menjadi pembicaraan di lini masa sosial media. Tsamara juga mendapat dukungan dari selebritas dan tokoh lainnya di dunia maya seperti dukungan dari Prof Nadirsyah Hosen, guru besar hukum pidana Universitas Monash, Australia.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
November 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 8 sentiment publik
87%
13%
Oktober 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 203 sentiment publik
75%
2%
23%
DarkLight