Tontowi Ahmad

Atlet Bulu tangkis
LahirBanyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 18 Juli 1987
ProfesiAtlet Bulu tangkis
Karier
  • Atlet Bulu tangkis

Sosok Tontowi Ahmad pasti sudah tidak asing bagi penggemar bulutangkis. Atlit berusia 26 tahun tersebut berhasil merebut gelar Juara Dunia 2013 dengan rekannya Lilyana Natsir.

Tontowi Ahmad atau yang akrab dipanggil Owi ini merupakan anak laki-laki pasangan M. Khusni dan Masruroh. Ia dilahirkan di Banyumas, Jawa Tengah, 18 Juli 1987. Pebulutangkis dengan tinggi 178 cm ini dibesarkan di Desa Selandaka, Pemalang, rumah kedua orangtuanya.

Baru-baru ini Tontowi/Lilyana Natsir berhasil menjadi Juara Macau Open 2011 setelah lawannya pasangan asal China Taipei (Taiwan) Chen Hung Ling/Chen Wen Hsing resmi mengundurkan diri karena cedera setelah  bertanding melawan pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto (Indonesia) di semifinal. Ini adalah kemenangan kelima di sepanjang tahun 2011 bagi Tontowi/Lilyana.

Sepanjang tahun 2011, pasangan Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir telah menjuarai India Open 2011 setelah mengalahkan pasangan Pia Zubaedah/Fran Kurniawan (Indonesia) di final, Malaysia Open 2011 mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia), Singapore Open 2011 mengalahkan pasangan China Taipei yang seharusnya menjadi lawan mereka di final Macau Open, Chen Hung Ling/Chen Wen Hsing, dan mereka juga meraih Medali Emas SEA Games 2011.

Pasangan Tontowi dan Lilyana juga dipastikan akan mengikuti Kejuaraan Dunia yang akan di gelar dari tanggal 14-18 Desember 2011 di Cina dimana delapan pemain terbaik dunia dari masing masing kategori akan bertanding menjadi yang terbaik.