Terry Gou

Lahir Banqiao, Taiwan, 10 Agustus 1950
Profesi
Karier
  • CEO Hon Hai (1974-2016)
Pendidikan
  • Taipei College of Maritime Technology (1966-1971)

Terry Gou alias Gou Tai-ming adalah seorang pengusaha asal Taiwan. Dia dikenal sebagai pendiri dan pemimpin perusahaan pabrik elektronik Foxconn. Foxconn sendiri merupakan salah satu pabrik elektronik terbesar di dunia. Beberapa klien terbesarnya adalah Apple, Sony, Nokia dan HP. Tahun 2015, majalah Forbes mencatat Terry Gou sebagai orang terkaya ke-2 di Taiwan dan orang terkaya ke-240 dunia.

Dia berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga tamat kuliah dan selanjutnya ia bekerja sebagai karyawan di beberapa pabrik, seperti pabrik karet, ban dan tanaman obat-obatan. Dia memulai usaha dengan meminjam uang dari ibunya dan mendirikan Hon Hai di Taiwan di tahun 1974. Awalnya dia hanya memiliki orang 10 karyawan. Produk pertama mereka adalah komponen plastik, yang digunakan untuk televisi. Dekade 1980-an, ketika komputer mulai berkembang pesat, ia beralih memproduksi konektor untuk PC.

Perusahaannnya mulai menerima permintaan untuk membuat konektor bagi Konsol joystick perusahaan Atari. Permintaan yang cukup besar ini, membuatnya membangun pabrik baru Longhua Sains dan Teknologi Park di Shenzen. Selain Atari, perusahaannya juga juga memasok berbagai komponen untuk Sony, Microsoft, Dell, HP, Motorola, Amazon, Cisco dan Apple. Hon Hai adalah induk dari Foxconn, yang memiliki 40 pabrik yang tersebar di dunia.