Syafi'i Antonio

LahirSukabumi, 12 Mei 1965
Profesi
Karier
  • Advisor/Dewan Pengawas Bank Syariah Mandiri, Takaful, Bank Mega Syariah, Schroders Investment Manager dan PNM
  • Chairman STEI Tazkia dan Tazkia Consulting
  • Mubalig Indonesia
Pendidikan
  • S1 University of Jordan
  • S2 International Islamic University, Malayasia
  • Doktor Banking & Micro Finance, University of Melbourne
Dr.Muhammad Syafii Antonio,MEc atau yang lebih dikenal dengan Syafi'i Antonio  (Nio Gwan Chung) merupakan tokoh Islami Indonesia di bidang finansial dan perbankan. Dia merupakan chairman dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia. Antonio mendapatkan gelar PhD di bidang Ekonomi Mikro dari University of Melbourne (2004), gelar Master di bidang Ekonomi dari International Islamic University, Malaysia (1992), dan berhasil menyelesaikan Strata 1 (S1) di bidang Hukum Islam dari University of Jordan (Yordania, 1990). Antonio juga memimpin program riset di Al-Azhar University Cairo dan Oxford University, Inggris. 

Bersama timnya di Tazkia Consulting, Antonio telah banyak membantu pengelolaan dan pengembangan lebih dari 14 divisi islami dan bank konvensional, 7 asuransi islami, serta membantu pelatihan lebih dari 6000 praktisi finansial di berbagai negara terutama di Indonesia.

Saat ini Antonio menjabat sebagai Komite Bank Islami di Bank Indonesia, Central Bank of Malaysia, serta Global Shariah Board of al-Mawarid Finance and Insurance di Dubai. Antonio juga membantu proses supervisi dari Bank Syariah Mandiri, asuransi Takaful, Bank Mega Syariah, Schroders Investment Manager, dan PNM holding. 

Antonio telah menulis lebih dari 12 buku tentang perbankan islam, zakat, serta kepemimpinan dan manajerial. Atas segala usaha dan upaya di bidangnya, Antonio mendapatkan banyak penghargaan termasuk di antaranya Syariah Award dari Bank Indonesia, MUI, dan Bank Muamalat (2003), Anticorruption & Good Governance Award dari Ministry of State Apparatus (2007), Arab-Asia Finance Recognition Award dari Arab Asia Finance Forum (2008), dan memenangkan Australian Alumni Award dari Pemerintah Australia (2009).

Antonio juga pernah mendapatkan IBF Award tahun 2009 dari buku best sellernya  "Muhammad SAW The Super Leader Super Manager", dan IDB Prize Nominee dari Indonesia (Menteri Keuangan).

Antonio pernah mengemukakan bahwa banyak para kiai yang ilmunya tinggi dan ikhlas namun kurang responsif terhadap masalah-masalah sosial, ekonomi, dan kemasyarakatan. Pada bulan ramadan 2018, nama Antonio termasuk dalam daftar rekomendasi 200 mubalig Indonesia yang dikeluarkan oleh Menteri Agama.