Susi Susanti

Pebulutangkis Indonesia
LahirTasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 11 Februari 1971
ProfesiPebulutangkis Indonesia
Karier
  • Pebulutangkis Indonesia

Lucia Francisca Susi Susanti mantan juara dunia bulu tangkis asal Indonesia awal 1990an. Susi yang berdarah Tionghoa selalu membela dan membuat Indonesia juara dalam banyak kejuaraan internasional bulu tangkis. Susi adalah legenda bulutangkis Indonesia. Di masa jayanya, Susi pernah menduduki rangking satu pebulutangkis Dunia.

Sepanjang karirnya sebagai pebulutangkis, Susi tercatat menjuarai All England tahun: 1990, 1991, 1993, dan 1994. Juga Denmark Open 1991 dan 1992. Dengan membawa bendera Indonesia, Susi ikut serta merebut Piala Uber tahun 1994 dan 1996.

Kejuaraan bulu tangkis di Malaysia, Jepang Korea, Belanda, Jerman, Thailand, Vietnam, Tiongkok, Swedia Australia, juga pernah dia juarai di paruh awal dekade 1990an. Di kawasan Asia dan Asia Tenggara, Susi pernah menjadi juara Asian Games dan Sea Games. Susi meraih medali emas dalam Olimpiade Barcelona 1992. Namun Susi dianggap kurang bersinar dalam Olimpiade Atlanta 1996. Dia hanya mendapat medali perunggu. 

Susi menikah dengan Alan Budikusuma, yang sama-sama meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992. Bersama suaminya, Susi membangun sebuah usaha. Sejak 2004, Susi and Alan mendirikan perusahaan alat-alat olahraga bernama Alan and Susi Technology yang disingkat ASTEC.

Selain itu, Susi juga membuka panti pijat refleksi dan fisioterapi bernama Fontana. Susi membuka usaha ini bersama sesama pebulutangkis, Elizabeth Latief. Fontana membuka cabang di Kelapa Gading, Sunter, Pondok Indah di Bogor.