STOP PRESS! Polda Metro Jaya Tangkap Pemilik Situsweb Nikahsirri.com

Sri Sultan Hamengkubuwono X

Sri Sultan Hamengkubuwono X

timeter overall

+28


Sri Sultan Hamengkubuwono X yang lahir dengan nama Bendara Raden Mas Herjuno Darpito adalah Raja Kesultanan Yogyakarta sejak Tahun 1989 dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 1998. Setelah dewasa bergelar KGPH Mangkubumi dan setelah diangkat sebagai Putra Mahkota diberi gelar KGPA Hamengku Negara Sudibyo Rajaputra Nalendra Ing Mataram.


Hamengkubuwono X adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Ia dinobatkan sebagai Raja di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwono pada tanggal 7 Maret 1989, menggantikan ayahnya Sri Sultan HB IX yang meninggal di Amerika, Oktober 1988.


Aktif dalam berbagai organisasi diantaranya pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadinda DIY, Ketua DPD Golkar DIY, Ketua KONI DIY, Dirut PT Punokawan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi, Presiden Komisaris PG Madukismo, dan pada bulan Juli 1996 diangkat sebagai Ketua Tim Ahli Gubernur DIY.


Pada tahun 2015 Sri Sultan HB X mengeluarkan serangkaian titah utama raja atau Sabdatama yang dalam konsep kekuasaan kerajaan memiliki kekuatan besar dan harus dipatuhi oleh seluruh rakyat. Pada 27 Desember 2011, ia menerima gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Cusa) dari Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Gelar tersebut diberikan kepada Sri Sultan HB X karena kiprahnya dalam seni dan budaya, terutama pada pertunjukan tradisi dan kontemporer sejak tahun 1989.