Siti Zuhro

Peneliti LIPI
Lahir: Blitar, Kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 7 November 1958
Karir
  • Peneliti LIPI
Pendidikan
  • S1 Hubungan Internasional, Universitas Jember
  • S2 The Flinders University, Adelaide, Australia
  • S3 Curtin University, Perth Australia.

Siti Zuhro kelahiran Blitar, Jawa Timur 7 November 1958 adalah seorang peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI. Siti menempuh pendidikan S1 nya pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember dan melanjutkannya ke jenjang S2 di The Flinders University, Adelaide, Australia dan memperoleh gelar Ph.D Ilmu Politik dari Curtin University, Perth Australia.

Menikah dengan Abdussomad Abdullah yang juga merupakan peneliti LIPI dan dikaruniai seorang Putra bernama Galan Azra Wirawan. Menurut Profesor riset Ilmu politik yang pernah mendapatkan penghargaan Bawaslu Awards Kategori Pengamat Politik Tervaforit tahun 2014 ini, ia berpendapat bahwa kemajuan negara Indonesia sangat ditentukan oleh berhasilnya pelaksanaan otonomi daerah. Isu-isu seputar desentralisasi, reformasi birokrasi, demokrasi lokal dan politik nasional (seputar pemilu dan pilkada) menjadi sorotannya.

Siti juga sering sekali aktif dalam kegiatan menulis buku, dan beberapa judul yang telah ia hasilkan antara lain “Konflik dan Kerjasama Antar Daerah (Jakarta : Pusat Penelitian Politik LIPI, 2004), Demokrasi Lokal : Perubahan dan Kesinambungan Nilai-Nilai Budaya politik Lokal di Jawa Timur, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Bali (Yogyakarta : Ombak, 2009) dan masih banyak lagi judul buku yang ia tulis.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Desember 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 8 sentiment publik
62%
1%
37%
November 2019
Data diambil dari 500 top media online dan 135 sentiment publik
74%
2%
24%
DarkLight