Sandrayati Moniaga

Sandrayati Moniaga

Lahir
Jakarta, 19/10/1961
Profesi
Komisioner Subkomisi Pengkajian Dan Penelitian Komnas HAM (-)
Agama
Tidak Diketahui
Karier
  • Komisioner Subkomisi Pengkajian Dan Penelitian Komnas HAM (-)
Pendidikan
  • Universitas Katolik Parahyangan Bandung (-)

Sandrayati Moniaga adalah Komisioner Subkomisi Pengkajian Dan Penelitian Komnas HAM. Kandidat Ph.D di Universitas Leiden, Belanda ini lahir di Jakarta pada 19 Oktober 1961.


Meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung Tahun 2003, mengikuti Pelatihan Dasar-dasar Pecinta Alam oleh Mahitala Unpar pada tahun 1982 yang diadakan di Bandung dan Lembang, mengikuti Pelatihan Konservasi Alam Hutan oleh Sekretariat Kerjasama Pelestarian Hutan Indonesia di Kalimantan Timur (1986).


Sandrayati sempat menjadi Koordinator Pengembangan Sumber Daya pada Sekretariat Kerjasama Pelestarian Hutan Indonesia (SKEPHI) pada tahun 1987, dan Koordinator Program Hukum dan Lingkungan di Walhi hingga tahun 1993. Pendidikan non formal yang pernah ditempuhnya adalah English for Academic Writing di University of Leiden (2006).


Ia juga peneliti PhD pada Van Vollenhoven Institute – Universiteit Leiden (Sejak 2003) selain Ketua Badan pengurus ELSAM (sejak 2010) dan Anggota Dewan Pakar Konsorsium Pembaruan Agraria (sejak 2010).


Sandrayati, banyak menghabiskan waktunya di HuMA (Perkumpulan untuk Pembaruan Hukum Berbasis Masyarakat dan Ekologis). Sandrayati produktif dan aktif menulis, sejumlah artikel ketika menjadi aktivis pernah diterbitkan di beberapa jurnal internasional bahkan beberapa sudah diterbitkan dalam bentuk buku.


Sumber riset: https://www.komnasham.go.id/index.php/commisioner/13/sandrayati-moniaga.html