Ryan Adams

Lahir-
Profesi
Karier
  • Musisi Amerika Serikat
David Ryan Adams atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Ryan Adams adalah seorang musisi terkenal yang berbakat.

Pria kelahiran Jacksonville 5 November 1974 ini mulai terkenal ketika bersolo karier. Dia telah merilis enam belas album dan juga mantan personil dari anggota band country rock yaitu Whiskeytown. Dia meninggalkan band ini pada tahun 2000 dan memulai solo kariernya.

Dia sempat kembali membuat band yaitu The Cardinals pada tahun 2004 yang bertujuan untuk menjadi band pendukung yang akan menemaninya di empat album studio berikutnya. Namun, pada tahun 2009 band ini dibubarkan karena ingin istirahat panjang dari musik karena komplikasi dari penyakit Ménière.

Namun, pada tahun berikutnya, Adams kembali tampil dan merilis album studio ketigabelas yang diproduksi Glyn Johns, Ashes & Fire, pada akhir 2011. Album ini memuncak di no. 7 di Billboard 200.

Pada September 2014, Adams merilis album keempat belas, Ryan Adams, pada label PAX AM-nya sendiri, dan kembali membentuk band pendukung baru yaitu, The Shining. Selain itu Adams telah menulis Infinity Blues, sebuah buku puisi, dan Hello Sunshine, kumpulan puisi dan cerita pendek.

Semantara untuk hubungan asmara, Adams pernah menikahi dengan Mandy Moore. Mereka bertunangan pada Februari 2009 dan mereka menikah pada 10 Maret 2009, di Savannah, Georgia. Namun, pernikahan ini hanya bertahan sampai tahun 2016 karena pada Juni 2016 mereka resmi bercerai. Perceraian ini berakhir dengan damai tanpa pertengkaran.

Pada tahun 2019, Adams dituduh melakukan pelecehan seksual kepada beberapa perempuan termasuk anak di bawah umur. Hal ini dibenarkan oleh tujuh perempuan termasuk mantan istri Adams, Mandy Moore.