Roger Moore

LahirLondon, 14 Oktober 1927
Profesi
Karier
  • Aktor Hollywood

Sir Roger George Moore merupakan aktor asal Inggris yang namanya melejit melalui perannya sebagai James Bond. Kariernya dimulai ketika dia menjadi bintang iklan pakaian rajutan dan pasta pada tahun 1950-an. Kemudian dia mulai tampil di acara televisi yang berjudul “Drawing Room Detective”. Saat itu, Moore juga tampil dalam serial televisi “Ivanhoe” dan “The Alasakans”. Ketenarannya mulai menanjak saat Lew Grande memilih Moore untuk memerankan Simon Templar dalam serial “The Saint” sejak tahun 1961. Setelah ia tampil selama enam season atau 118 episode dalam serial tersebut, Moore mengajukan diri untuk berhenti dari peran Simon Templar karena merasa jenuh.


Setelah selesai perannya sebagai Simon Templar, Moore mebintangi serial televisi The “Persuaders!”. Serial The Persuaders! ternyata mengalami kegagalan di AS, tetapi malah laku keras di Australia dan Eropa. Di tahun 1973, Moore pertama kali memerankan James Bond setelah tokoh Bond diperankan oleh Sean Connery dan George Lazenby. Film pertama Moore yang berperan sebagai James Bond yaitu berjudul Live and Let Die. Setelah itu dia berlanjut memerankan tokoh ciptaan Ian Fleming ini hingga tujuh judul film sebagai James Bond.  Dengan begitu Moore tercatat sebagai aktor terlama yang berperan sebagai agen 007 tersebut. Film terakhir Moore sebagi James Bond yaitu “A View to a Kill” tahun 1985. Kemudian peran Moore sebagai James Bond digantikan oleh Timothy Dalton. Setelah pensiun menjadi James Bond, Moore kembali membintangi beberapa film di antaranya Fire, Ice and Dynamite (1990), Bullseye! (1990), Bed & Breakfast (1992) dan masih banyak film lain yang dia bintangi. Tercatat hingga tahun 2011, Moore sudah membintangi lebih dari 30 judul film.


Selain sebagai aktor terkenal, Moore juga merupakan Duta Goodice Unicef sejak tahun 1991. Moore aktif di Unicef terdorong oleh temannya Audrey Hepburn dan setelah Ia menyaksikan kemiskinan di India saat syuting James Bond keenamnya pada tahun 1983. Meskipun telah menghasilkan miliaran uang melalui karir film dan televisinya, Moore terkenal sebagai salah satu aktor paling sederhana. Pada 23 Mei 2017, Moore meninggal dunia di Swis pada usia 89 tahun setelah ia berjuang melawan kanker yang dideritanya.