Rita Widyasari

Bupati Kutai Kartanegara (2016-2021)
Lahir: Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia, 7 November 1973
Karir
  • Bupati Kutai Kartanegara (2016-2021)
Pendidikan
  • S1 Universitas Padjajaran
  • S2 Universitas Jend. Soedirman

Rita Widyasari adalah bupati Kutai Kartanegara petahana yang menjabat sejak 2010 hingga 2015 dan kemudian menjabat kembali untuk periode 2016–2021.

Hasil Pemilu legislatif 2009 di Kukar menunjukkan bahwa Rita memperoleh suara terbanyak, hingga Golkar bisa meraih 12 kursi di DPRD Kukar. Meskipun kredibilitas Golkar tengah diuji dengan tersangkutnya sejumlah dedengkot Golkar Kukar pada kasus korupsi.

Akan tetapi Pemilu telah membuktikan bahwa Golkar tetap mendapat tempat di hati masyarakat Kukar. Rita pun bisa meyakinkan masyarakat Kukar untuk memimpin kota kerajaan tersebut.

Pada periode 2010–2015, Rita berpasangan dengan wakil bupati Gufron Yusuf dan pada periode 2016–2021 ia berpasangan dengan wakil bupati Edi Damansyah. Rita adalah anak kedua dari mantan Bupati Kutai Kartanegara, yaitu Syaukani Hasan Rais.

Salah satu penghargaan yang pernah diperoleh Rita adalah Dwija Praja Nugraha, dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam acara Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-71 PGRI di Sentul, Jawa Barat, November tahun lalu.

Dwija Praja Nugraha adalah penghargaan yang diberikan karena Rita dianggap punya komitmen penuh terhadap guru, PGRI, dan pendidikan secara umum di daerahnya.

Penghargaan bahkan tidak datang dari dalam negeri saja. September 2016, Rita dianugerahi sebagai Woman Icon of The Year dalam acara Global Leadership Award 2016, yang diselenggarakan oleh The Leaders International Magazine, majalah bisnis asal Malaysia.

Pemerintah pusat sempat mengganjar Rita dengan berbagai macam penghargaan. Rita pernah meraih tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha atas Kinerja Kepala Daerah Terbaik, yang diberikan langsung oleh Presiden Jowo Widodo di Istana Negara, April 2015. Tanda kehormatan ini diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-19. Rita dinilai berhasil mengelola daerahnya, sementara pemerintah pusat menganggap Kabupaten Kukar jadi salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan Otonomi Daerah.

Malahan pada perhelatan SEA Games XXIX yang lalu, Rita diberikan kepercayaan penuh dari Presiden Jokowi untuk menjadi Bendahara Umum.

Sumber riset: https://id.wikipedia.org/wiki/Rita_Widyasari

https://tirto.id/rekam-jejak-mentereng-bupati-rita-hingga-tersangka-korupsi-cxlz

DarkLight