Ricko Andrean

LahirCicadas, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 14 Juni 1995
Profesi
Karier
  • Karyawan Swasta -

Ricko Andrean adalah seorang pemuda berusia 22 tahun yang tewas dikeroyok oleh suporter atau pendukung Persib saat laga Persib melawan Persija pada Sabtu, 22 Juli 2017 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Ricko sendiri adalah anggota organisasi Viking Bobotoh Frontline.

Ricko atau yang akrab disapa bule ini sesaat sebelum peristiwa pengeroyokan tersebut terjadi ia sedang duduk di area Tribun Utara, saat itu Ricko dan temannya merasa lapar sehingga keduanya memutuskan untuk membeli makan.

Ketika sedang makan, terjadi keributan yang diduga The Jakmania dipukuli oleh oknum suporter. Karena penasaran Ricko spontan berlari menuju tribun. Ketika ia menghampiri sumber keributan tersebut, target pemukulan oknum yang di duga The Jakmania bersembunyi di balik badannya, naas sesaat sebelum makan, Ricko melepas baju atau atribut viking yang ia kenakan, para pelaku mengira Ricko adalah salah satu anggota The Jakmania dan langsung dikeroyok hingga tak sadarkan diri.

Ricko yang sudah tidak berdaya dibawa ke Rumah Sakit AMC Cileunyi dan dipindahkan ke Rumah Sakit Santo Yusuf Bandung. Setelah mendapatkan perawatan intensif selama lima hari, Ricko akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Kamis(27/7/2017) sekitar pukul 10.10 WIB, dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Cikutra, Bandung, bersebelahan dengan makam ayah dan ibunya.