Retno Listyarti

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia
Lahir: -
Karir
  • Kepala Sekolah SMA Negeri 13 Jakarta
  • Ketua Forum Musyawarah Guru Jakarta (1998)
  • Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia
Pendidikan
  • SMAN 13 Jakarta
  • PMP-KN IKIP Jakarta
  • Kajian Timur Tengah dan Islam, Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, Universitas Indonesia

Retno Listyarti adalah praktisi pendidikan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal  Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). FSGI sendiri adalah organisasi tingkat nasional yang didirikan sebagai hasil pertemuan 12 organisasi guru daerah di Indonesia pada Januari 2011 dengan menjadi alternatif atas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang menjadi satu-satunya wadah untuk berorganisasi bagi profesi guru saat itu.

Selain menjadi pengurus organisasi tersebut, ia juga aktif sebagai Ketua Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) dan Pembina Kelompok Ilmiah Remaja Jakarta Utara (KIRJUT) sejak 1998. Dalam kesehariannya ia menjalankan profesi sebagai pengajar untuk SMA Negeri 13 Jakarta.

Retno sendiri dikenal sebagai pribadi yang berprestasi, hal ini dibuktikan sejak ia menjadi mahasiswi dengan meraih penghargaan Mahasiswa Berprestasi IKIP Jakarta dan Nasional pada 1993. Selepas menjadi guru, ia kembali menerima sejumlah penghargaan atas prestasinya dalam bidang pendidikan, seperti dari Toray Foundation pada tahun 2004. Penghargaan berikutnya yang ia dapat yaitu sebagai Tokoh Pendidikan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 2007 dan menjadi bagian dari 7 Pendidik Terbaik Indonesia peraih Indonesia Islamic Educator Awards pada 2013. Ia juga dikenal aktif menulis sejumlah buku untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan opini untuk sejumlah surat kabar di Indonesia.

Selain dikenal karena prestasi dan kontribusinya terhadap dunia kependidikan Indonesia, namanya diperbincangkan publik ketika ia diberhentikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada 2015 karena dianggap lalai menjalankan tugasnya. Retno tidak memenuhi kewajibannya untuk berada di sekolah yang ia pimpin pada saat pelaksanaan ujian nasional (UN) dan diketahui berada di SMA Negeri 2 Jakarta pada hari pertama pelakasanaan UN setingkat SMA. Ia lalu mengajukan gugatan terhadap surat keputusan mengenai pencopotan dirinya oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan dikabulkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara pada Januari 2016.

Pada Agustus 2016 ia turut mengomentari wacana mengenai kenaikan harga rokok dan menyatakan bahwa hal tersebut patut didukung oleh masyarakat. Retno berpendapat bahwa naiknya harga rokok akan mendorong penurunan perokok terutama dari kalangan remaja.

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Juli 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 49 sentiment publik
51%
4%
45%
Juni 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 113 sentiment publik
62%
38%
DarkLight