Rainer Weiss

LahirBerlin, Jerman, 29 September 1932
Profesi
Karier
  • Ahli Fisika Amerika
Pendidikan
  • Institut Teknologi Massachusetts

Rainer Weiss adalah seorang fisikawan Amerika kelahiran Jerman, yang dikenal karena kontribusinya dalam fisika gravitasi dan astrofisika. Dia adalah seorang profesor fisika emeritus di MIT. Salah satu penemuannya yang terkenal adalah teknik interferometri laser yang merupakan operasi dasar LIGO. Rainer Weiss adalah Ketua Kelompok Kerja Ilmu Pengetahuan COBE.

Pada tahun 2017, Weiss dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang Fisika, bersama dengan Kip Thorne dan Barry Barish, "untuk kontribusi yang menentukan pada detektor LIGO dan pengamatan gelombang gravitasi".

Weiss menghabiskan masa mudanya di New York City. Dia belajar di Institut Teknologi Massachusetts dan setelah putus sekolah di tahun pertama dia kembali untuk menerima gelar SB pada tahun 1955 dan PhD pada tahun 1962 dari Jerrold Zacharias.

Dia pernah mengajar di Tufts University pada tahun 1960 hingga 1962. Ia juga meraih gelar asarjana postdoctoral di Princeton University pada, kemudian bergabung dengan fakultas di Institut Teknologi Massachusetts pada tahun 1964.

Sumber riset: https://en.wikipedia.org/wiki/Rainer_Weiss