R. Kelly

LahirAmerika Serikat, 8 Januari 1967
Profesi
Karier
  • Penyanyi Amerika Serikat
Robert Sylvester Kelly atau yang lebih dikenal dengan nama R. Kelly merupakan seorang penyanyi asal Amerika Serikat. Selain menjadi penyanyi, dia juga seorang penulis lagu, produser rekaman, dan mantan pemain bola basket profesional.

Pada 1993, Kelly bermain solo dengan album 12 Play. Dia dikenal dalam berbagai lagu termasuk " Bump N 'Grind ", " Your Body's Callin' ", " I Believe I Can Fly ", " Gotham City ", " Ignition (Remix) ", " The Greatest World "," I'm a Flirt (Remix) ", dan hip-hopera " Trapped in the Closet ". Pada 1998, Dia juga memenangkan tiga Grammy Awards untuk " I Believe I Can Fly ".

Pada 1996, Kelly dinominasikan untuk Grammy karena menulis lagu Michael Jackson " You Are Not Alone ". Dia terdaftar di Billboard sebagai artis R & B / Hip Hop paling sukses pada 1985-2010 dan artis R&B paling sukses dalam sejarah. Dia pun telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk BET, Soul Train, Billboard, NAACP, dan American Music Awards.

Namun, dibalik kesuksesannya Kelly tersandung masalah kasus dugaan pelecehan seksual. Tuduhan tersebut menuduh bahwa dari tahun 1998 hingga 2010, Kelly melakukan pelecehan seksual terhadap 4 wanita, 3 di antaranya adalah remaja di bawah umur pada saat itu dengan bukti termasuk video yang disediakan oleh Michael Avenatti.