Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA

Mubalig Indonesia
Lahir: Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 2 Agustus 1954
Karir
  • Mubalig Indonesia
Abuddin Nata merupakan seorang Guru Besar Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, serta Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dia memulai karier dengan menjadi tenaga peneliti lepas pada Lembaga Studi Pembangunan (LSP) di Jakarta (1981-1982).

Kemudian, dia menjadi Instruktur pada Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an (LBIQ) DKI Jakarta (1982-1985), pengisi acara Obrolan Ramadhan (OBOR) pada Radio Mustag Jakarta (1992-1998), hingga kini dia bertugas sebagai dosen mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan dosen tidak tetap pada Fakultas Agama Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dengan berbagai pengalaman kerjanya, dia juga menuangkan pengetahuan, keilmuan dan pemikirannya melalui berbagai buku yang ditulisnya.

Beberapa karya tulis di antaranya buku Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Prenada Media, 2010) dan buku Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Prenada Media, 2010). Pada 18 Mei 2018, Abuddin Nata masuk dalam daftar rekomendasi mubalig yang dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag).
DarkLight