Panut Mulyono

Rektor Universitas Gadjah Mada ke-16 (2017 - 2022)
LahirKebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 1 Juni 1960
ProfesiRektor Universitas Gadjah Mada ke-16 (2017 - 2022)
Karier
  • Rektor Universitas Gadjah Mada ke-16 (2017-2022)
Pendidikan
  • Universitas Gadjah Mada
  • Tokyo Institute of Technology (1990)
Panut Mulyono adalah seorang guru besar ilmu energi di bidang optimasi sistem teknik kimia pada Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM). Panut terpilih sebagai Rektor UGM pada rangkaian Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM yang diselenggarakan pada tahun 2017. 

Ia terpilih sebagai rektor baru menggantikan Dwikorita Karnawati setelah berturut-turut mengungguli dua pesaing dalam perolehan suara dari pemungutan yang berlangsung dua putaran.

Panut Mulyono memperoleh 11 suara, Ali Agus (Dekan Fakultas Peternakan) 7 suara dan Erwan Agus Purwanto (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik) memperoleh 7 suara. Dengan hasil itu, maka dilanjutkan dengan memilih antara Ali Agus dengan Erwan yang hasilnya Ali unggul memperoleh 13 suara dan Erwan 12 suara. Setelah dilakukan pemilihan akhir antara Panut dan Ali Agus, Panut unggul dengan perolehan 15 suara dan Ali Agus 10 suara.

Panut merupakan seorang Profesor ilmu energi di bidang optimasi sistem teknik kimia di Universitas Gadjah Mada. Panut mendapatkan gelar master dari Tokyo Institute of Technology, Jepang tahun 1990 dan meraih gelar doktor di Tokyo Institute of Technology, Jepang pada tahun 1993 dengan disertasi berjudul “Concentration Difference Heat Pump Using Fusion and Freezing Processes.”

Sebagai dosen Panut mengajar di Dosen Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, UGM. Ia juga menjabat sebagai Dewan Pakar Pusat Studi Energi UGM. Di bidang penelitian, Rektor UGM tahun 2017—2022 ini menghasilkan berbagai penelitian yang terbit dalam publikasi ilmiah dalam seminar nasional, seminar internasional, jurnal nasional, maupun jurnal internasional.

Selain berkontribusi aktif dalam bidang pendidikan dan penelitian, ia juga turun langsung ke masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam organisasi profesi, Panut Mulyono saat ini tercatat sebagai anggota organisasi profesi diantaranya Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan The Association of Chemical Engineers of Japan.

Sumber riset: https://id.wikipedia.org/wiki/Panut_Mulyono
https://ugm.ac.id/id/node/3605-prof.ir.panut.mulyono.meng.deng