Oskar Fischinger

Seniman, Animator, Pelukis Jerman-Amerika Serikat
Lahir: Jerman, 22 Juni 1900
Karir
  • Seniman, Animator, Pelukis Jerman-Amerika Serikat

Oskar Wilhelm Fischinger merupakan animator,  seniman, pemusik dan pembuat film berdarah Jerman-Amerika. Nama Oskar mulai dikenal karena karyanya dalam membuat animasi abstrak jauh sebelum terdapat teknologi komputer grafis dan video musik. Selama hidupnya Oskar tercatat sudah membuat 50 film pendek yang beberapa di antaranya menggabungkan musik dengan efek animasi. Selain itu, Oskar juga berkarya membuat lukisan yang tercatat sudah lebih dari 800 lukisan kanvas yang tersebar di museum di dunia.

 

Pada tahun 1947, Oskar membuat karya monumentalnya yang berjudul “Motion Painting No. 1” Film ini menggabungkan musik klasik berjudul “Brandenburg Concerto no. 3, BWV 1048 karya Johann Sebastian Bach dengan gabungan gambar-gambar yang membentuk gerak henti dalam tumpukan kaca akrilik. Karya Oskar ini berhasil meraih penghargaan Grand Prix Brussels International Experimental Film Competition di Belgia pada 1949.

 

Oskar meninggal dunia di usia 66 tahun tepatnya tanggal 31 Januari 1967 di Los Angeles. Karya-karya Oskar berupa film, fotografi, dan gambar animasi lainnya menjadi koleksi di Center for Visual Music (CVM) di Los Angeles, Amerika Serikat.

DarkLight