Muhammad Sirajuddin Syamsuddin

Ketua Umum PP Muhammadiyah (2005 - 2015)
LahirSumbawa Besar, Seketeng, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 31 Agustus 1958
ProfesiKetua Umum PP Muhammadiyah (2005 - 2015)
Karier
  • Ketua Umum PP Muhammadiyah (2005-2015)
Pendidikan
  • Pondok Modern Gontor Jawa Timur (1975)
  • IAIN Jakarta, Sarjana Muda, Fakultas Ushuluddin (BA, 1980)
  • AIN Jakarta, Fakultas Ushuluddin Jurusan Perbandingan Agama (Drs, 1980)
  • University of California Los Angeles (UCLA), USA, Interdepartmental Programme in Islamic Studies (MA, 1988)
  • niversity of California Los Angeles (UCLA), USA, Interdepartmental Programme in Islamic

Prof. Dr. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA atau yang lebih dikenal dengan nama Din Syamsuddin adalah seorang politisi yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan periode 2010-2015. Jabatannya ini lalu digantikan oleh DR. KH. Haedar Nashir, M.Si.

Kiprah Din Syamsudin di Perserikatan Muhammadiyah dimulai sejak ia tampil menjadi Ketua Umum Sementara Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, dan Wakil Ketua Muhammadiyah. Alur kepemimpinannya terbilang cukup unik, karena berangkat dari bekal pendidikan dasar dan menengah di Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama dan Madrasah Tsanawiyah Nadhatul Ukana Sumbawa Besar.

Semangat Din Syamsudin dalam mendalami khazanah ilmu dan cakrawala Islam terinspirasi dari mertuanya sendiri, yaitu Darnelis binti Thaher. Dalam keluarganya, Din Syamsudin dikenal sebagai sosok ayah dan suami pendidik yang santun dan kaya teladan. Pada saat terakhir pelepasan jenazah sang mertua, Din mengungkapkan bahwa Ibu mertuanya selalu mendukung gerak hidupnya, bahkan ketika ia hendak memulai studinya di Amerika hingga ia menjabat sebagai Ketua umum PP Muhammadiyah.

Din Syamsudin dikenal sebagai sosok pemimpin umat Islam bukan karena jabatannya sebagai Ketua Umum Muhammadiyah, melainkan karena kemampuan berdialog yang ia miliki dengan seluruh umat beragama, baik dengan sesama umat Islam maupun umat beragama lainnya.

Ketekunannya dalam menekuni Islam berhasil menghantarkan Din Syamsudin menempuh pasca sarjana Interdepartmental Programme Islamic Studies di University of California Los Angeles Amerika Serikat dan meraih gelar MA, kemudian menempuh pendidikan doktoral nya di Universitas yang sama pada tahun 1996.

Sebagai Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin sering sekali mendapatkan undangan untuk menghadiri berbagai macam konferensi tingkat dunia, salah satunya adalah ketika ia diundang ke Vatican, Roma untuk memberikan ceramah umum mengenai Terorisme dalam konteks politik dan ideologi. Din memandang bahwa terorisme lebih relevan apabila dikaitkan dengan isu politik jika dibandingkan dengan isu ideologi.

Pada bulan Mei 2018, namanya masuk ke dalam daftar 200 orang mubalig yang direkomendasikan Kemenag.