Muhammad Arifin Ilham

Mubalig Indonesia
Lahir: Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, 8 Juni 1969
Karir
  • Mubalig Indonesia
Muhammad Arifin Ilham merupakan seorang pendakwah kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969. Dia adalah anak kedua dari lima bersaudara, dan dia satu-satunya anak lelaki. Dia merupakan anak dari pasangan H. Ismail Marzuki dan Hj. Nurhayati.

Semasa kecil, Arifin Ilham dikenal anak yang nakal. Dia baru bisa baca tulis huruf latin ketika kelas 3 SD. Selain itu, dia perrnah berkelahi sampai bonyok dengan temannya. Akibatnya, dia harus pindah sekolah dari SD Muhammadiyah ke SD Rajawali.

Ketika SMP, kenakalan Arifin bertambah. Dia pernah berjudi dengan kelereng, mencuri uang ayahnya, dan mengancam akan membakar rumahnya ketika motor trail impiannya tidak dibelikan. Namun, itu semua berubah ketika orang tuanya pulang dari ibadah haji. Kenakalan Arifin menjadi surut. Bahkan, dia meminta dimasukkan ke pesantren. Arifin pun dimasukkan ke pesantren oleh orang tuanya.

Arifin belajar di Pesantren Darunnajah, Kebayoran Lama dan Pesantren Assyafi’iyah, Tebet. Lalu, selepas lulus dari pesantren. Dia melanjutkan pendidikan ke jurusan Hubungan Internasional FISIP di Universitas Nasional (Unas), Jakarta. Dia lulus pada tahun 1994 saat berusia 25 tahun.

Dia menikah dengan Wahyuniati Al-Waly (1998) dan Rania Bawazier (2010). Dia memiliki anak yang bernama Muhammad Alvin Faiz dan Muhammad Amer Adzikro. Pada 18 Mei 2018, Arifin Ilham masuk dalam daftar rekomendasi mubalig yang dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Namun, kabar tidak mengenakkan datang dari pemuka agama pemilik Majelis Dzikir Bukit Az-Zikra pada awal Januari 2019. Dia dikabarkan mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening.

Pada 22 Mei 2019, kabar duka menyelimuti Indonesia. Salah satu Ustaz kondang ini meninggal dunia di Malaysia. Ustaz Arifin kalah melawan penyakit kanker getah bening setelah menjalani pengobatan di rumah sakit di Penang Malaysia.
DarkLight