Mesut Ozil

LahirGelsenkirchen, 15 Oktober 1988
Profesi
Karier
  • Pemain Sepakbola Jerman (2009)
  • Pemain Sepakbola Schalke 04 (2006-2008)
  • Pemain Sepakbola Werder Bremen (2008-2010)
  • Pemain Sepakbola Real Madrid (2010-2013)
  • Pemain Sepakbola Arsenal FC (2013)
Pendidikan
  • Rot-Weiss Essen (2000-2005)
  • Schalke 04 (2013)
STATISTICS
WC
INT
Goal
-
104
Assist
-
194

Mesut Ozil merupakan pemain sepakbola profesional yang bermain membela timnas Jerman dengan perannya sebagai gelandang serang di tim. Ozil terkenal dengan permainannya bersama klub-klub besar seperti Schalke 04, Werder Bremen, Real Madrid, dan Arsenal FC. 

Selain dikenal sebagai gelandang serang yang tajam, Ozil juga dapat bermain dan beradaptasi di posisi sayap kiri maupun sayap kanan. Dia memulai karier profesional sepakbola-nya dengan bermain bersama klub kampung halamannya, Schalke 04 sebelum akhirnya pindah dan bergabung bersama Bremen di tahun 2008 dengan nilai transfer sebesar €5 juta.

Ozil mulai menjadi bintang dan perhatian publik internasional setelah tampil memukau di Piala Dunia FIFA 2010 saat usianya masih 22 tahun. Meskipun Jerman harus tumbang dari Spanyol di babak semifinal, Ozil berhasil meraih penghargaan Golden Ball Award. Setelahnya, Real Madrid berhasil merekrut Ozil dengan nilai transfer sebesar €15 juta.

Bersama Madrid, Ozil berhasil memenangkan Copa del Rey di musim perdananya, sebelum akhirnya tampil impresif dalam 17 assist dan membantu Real Madrid memenangkan titel juara La Liga di musim berikutnya, disusul dengan trofi Supercopa de Espana pada musim yang sama. 

Pada akhir musim 2012-13, setelah Real Madrid gagal merebut singgasana La Liga dari Barcelona, Ozil pindah dan bergabung dengan Arsenal dengan nilai transfer senilai €50 juta, menjadikannya sebagai pemain Jerman termahal sepanjang sejarah.

Pada musim perdananya, Ozil sukses membantu Arsenal keluar dari belenggu puasa gelar selama 9 tahun dengan memenangkan FA Cup pada tahun 2014. Ozil kemudian kembali bersinar dengan bersama Arsenal memenangkan 2 gelar FA Cup lainnya, juga termasuk FA Community Shield.

Di level internasional, Ozil telah bermain dalam 92 laga bersama Jerman dengan mencatatkan 23 gol. Dia telah bermain dalam 2 gelaran Piala Dunia, 2 UEFA European Championship, menjadi pemain kunci di Piala Dunia 2010 dan UEFA Euro 2012, serta termasuk menjadi salah satu pemain dengan torehan assist terbanyak di kompetisi internasional.

Pada 22 Juli 2018, secara mengejutkan Ozil memutuskan untuk pensiun membela timnas Jerman di laga internasional. Keputusan itu dia ambil karena kekecewaan dia terhadap Federasi Sepakbola Jerman (DFB) dan media Jerman. Ozil mendapat kritik dari DFB dan media Jerman terkait pertemuannya dengan Erdogan yang dituding bermuatan politil. Ozil menyangkal pertemuan tersebut bermuatan politik dan memutuskan untuk gantung sepatu dari Tim Panzer.


Sumber: FIFA.com dan Transfermarkt