Masinton Pasaribu

Anggota Komisi III DPR-RI
LahirSibolga, Sumatera Utara , 11 Februari 1971
ProfesiAnggota Komisi III DPR-RI
Karier
  • Anggota Komisi III DPR-RI
Pendidikan
  • Sekolah Tinggi Hukum Indonesia

Masinton Pasaribu, S.H, lahir pada tanggal 11 Februari 1971 di Sibolga, Sumatera Utara. Dari namanya sudah jelas terlihat bahwa Ia berlatar belakang suka bangsa Batak. Masinton Pasaribu, S.H, lahir dari sebuah keluarga sederhana. Kondisi lingkungan dimana Ia tinggal sangatlah beragam dan penuh dengan toleransi serta tenggang rasa.

SDN 060951 Medan menjadi tempat Masinton Pasaribu, S.H, menempuh pendidikan dasarnya. Ia masuk pada tahun 1977, dan lulus pada tahun 1984. Kemudian Ia melanjutkan pendidikan menengah pertamanya di SMPN Labuhan Deli. Saat menginjak bangku sekolah SMP,  Masinton Pasaribu, S.H, sudah aktif berorganisasi di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Ketika liburan sekolah, Ia selalu mengisi hari liburnya dengan berjualan, dan bekerja menjadi buruh harian lepas di Pelabuhan Belawan, Medan. Ia berhasil menamatkan SMP-nya pada tahun 1987.

Pada tahun 1987, Masinton Pasaribu, S.H, mengikuti pelajaran di dr. Wahidinsudirohusono, sebuah lembaga pendidikan setingkat sekolah menengah atas. Setelah berhenti bekerja sebagai buruh di pabrik, kemudian Masinton Pasaribu, S.H, pindah ke Jakarta. Di Jakarta, Ia bekerja sambil melanjutkan cita-citanya.

Di tahun 1996, Ia melanjutkan pendidikan tingginya. Ia mengambil jurusan hukum di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia. Di sela-sela kesibukannya bekerja dan kuliah, Masinton selalu menyisihkan waktunya dalam aktivitas organisasi dan pergerakan mahasiswa. Ia meraih gelar sarjananya di tahun 2003.

Dalam keorganisasian, Masinton Pasaribu, S.H, di tahun 2000 pernah menjadi humas dari Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum Indonesia. Saat terjadi transformasi dan transisi politik Indonesia dari Orde Baru ke Orde Reformasi, Masinton Pasaribu, S.H, turut andil dalam berbagai pergerakan mahasiswa dan pemuda. Ia ikut menjadi Relawan Perjuangan Demokrasi (sebuah organisasi sayap partai PDIP).

Masinton Pasaribu, S.H, bergabung dengan Front Aksi Mahasiswa untuk Reformasi & Demokrasi (FAMRED) di tahun 1998. Pada tahun 2000, Ia menjadi ketua dari Front Perjuangan Pemuda Indonesia. Lalu Ia juga menjadi Ketua Umum dari Relawan Perjuangan Demokrasi periode 2011-2016.

Keberpihakan dan Komitmen kerakyatan Masinton Pasaribu, S.H, terhadap perjuangan rakyat kecil dilakukannya sejak mahasiswa. Ia pernah mengorganisir penarik becak di wilayah Benhil dan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Masinton Pasaribu, S.H, sangat konsisten mengikuti laju derap langkah pergerakan dan perjuangannya. Ia tidak pernah berhenti. Bersama dengan aktivis pergerakan pro demokrasi (Budiman Sudjatmiko, Beathor Suryadi, dkk), Masinton Pasaribu, S.H, meneruskan pergerakan dan perjuangannya melalui partai politik PDI Perjuangan.

Di tahun 2014, Masinton Pasaribu, S.H, terpilih menjadi Anggota DPR-RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Dapil DKI Jakarta II. Ia bertugas di Komisi III yang membidangi Hukum, HAM, dan Keamanan.