Lionel Andres Messi Cuccittini

Lahir Rosario, Argentina, 24 Juni 1987
Profesi
Karier
  • Pemain Sepakbola Barcelona
STATISTICS
WC
INT
Goal
1
578
Assist
2
202

Lionel Andrés Messi Cuccittini atau yang lebih dikenal dengan nama "Leo" Messi (pengucapan bahasa Spanyol: [ljoˈnel anˈdɾes ˈmesi]) adalah seorang pemain sepak bola Argentina yang saat ini bermain untuk FC Barcelona dan merupakan kapten tim nasional sepak bola Argentina, bermain sebagai penyerang. Dia adalah pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang sejarah.

Mantan pemain legendaris sekaligus pelatih tim nasional Argentina, Diego Maradona, mengatakan bahwa Messi adalah suksesor dirinya. Messi sendiri kerap dibanding-bandingkan dengan pemain yang membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 itu.

Messi mengawali karir sepak bola profesional pertamanya bersama Barcelona setelah sebelumnya sempat bergabung dengan tim junior Newell's Old Boys. Debut Messi bersama Barcelona adalah pada musim 2004-2005 dan mencatat rekor sebagai pemain paling muda yang bermain dan mencetak gol di La Liga.

Pada musim pertamanya di Barcelona, Messi turut mengantar El Barca menjuarai La Liga, dan musim berikutnya meraih gelar ganda yaitu La Liga dan Liga Champions. Pada musim 2006-2007, Messi mencetak hattrick ke gawang Real Madrid pada pertandingan 'el classico' dan mencetak 14 gol dalam 26 pertandingan.

Di tim nasional Argentina, Messi memenangi gelar juara Piala Dunia Junior 2005 dan pada 2008 menjuarai Olimpiade di Beijing. Bersama Tim Tango senior, Messi melakoni debutnya pada 17 Agustus 2005 saat berusia 18 tahun 54 hari.

Dalam Liga Spanyol musim 2017-2018, Messi menjadi top skor dengan mengoleksi 34 gol dalam 38 pertandingan dan berhak meraih Trofi Pichichi atas pencapaiannya itu. Selain itu, torehan 34 gol yang dicetak Messi merupakan gol terbanyak di berbagai liga di Eropa. Messi mengalahkan Mohammed Salah yang mencetak 32 gol untuk Liverpool, dan Harry Kane yang mengoleksi 30 gol. Dengan begitu, Messi berhasil  meraih Sepatu Emas Eropa.