Laode Muhammad Syarif

Wakil Ketua KPK (2015 - 2019)
LahirSulawesi Tenggara, Indonesia, 16 Juni 1965
ProfesiWakil Ketua KPK (2015 - 2019)
Karier
  • Wakil Ketua KPK (2015-2019)
Pendidikan
  • Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin
  • Master of Laws, Faculty of Law, Queensland University of Technology (QUT) Brisbane
  • Ph.D Program, School of Law, Sydney University

Lahir di Lemoambo Pulau Muna Sulawesi Tenggara, 16 Juni 1965, Laode M. Syarif kini menjabat Wakil Ketua KPK periode 2015 – 2019. Sebelumnya, ia mengawali karier di Makassar sebagai dosen pada Fakultas Hukum Universitas Hasanudin, sejak tahun 1992. Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum (S.H) pada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan pada program Master of Laws (LLM) di Faculty of Law, Queensland University of Technology (QUT) Brisbane dan melanjutkan Ph.D program  di Sydney University, School of Law dengan program kekhususan Hukum Lingkungan Internasional.

Sebagai akademisi yang berfokus pada Hukum Lingkungan, Laode merupakan anggota aktif dari Akademi Hukum Lingkungan IUCN. Pun ia juga merupakan salah satu anggota komite IUCN dalam bidang pengajaran dan pengembangan kapasitas. Ilmunya dalam bidang Hukum Lingkungan juga ia manfaatkan ketika Laode mulai berkarier di Mahkamah Agung RI. Ia bertugas sebagai perancang kurikulum dan pelatih utama dari Kode Etik Hakim dan Pelatihan Hukum Lingkungan Hidup. Sejumlah gagasan juga dituangkan Laode dalam tulisan dengan beragam tajuk seperti perubahan iklim dan kehutanan

Walaupun hukum lingkungan hidup merupakan gairah utamanya, ia memiliki pengalaman luas dalam reformasi peradilan dan isu-isu yang berkaitan dengan korupsi di Indonesia. Untuk isu korupsi, Laode pernah menjabat sebagai Spesialis Pendidikan dan Pelatihan Proyek Pengendalian Korupsi Indonesia.