Kofi Annan

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (1997 - 2006)
LahirGhana, 8 April 1938
ProfesiSekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (1997 - 2006)
Karier
  • Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) (1962)
  • Manajemen Sumber Daya Manusia dan Koordinator Keamanan (1987-1990)
  • Perencanaan Program, Anggaran dan Keuangan, dan Pengawas (1990-1992)
  • Operasi Penjaga Perdamaian (1993-1994)
  • Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (1997-2006)
Pendidikan
  • Universitas Sains dan Teknologi Kwame Nkrumah
  • Macalester College di St. Paul Minnesota, Amerika Serikat
  • Institut universitaire des ahutes etudes internationales di Jenewa,Swiss
  • MIT Sloan School of Management

Kofi Annan adalah diplomat asal Ghana yang tampil ketujuh kalinya sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa pada periode 1997-2006. Pernah bersama PBB ia dianugerahi Nobel Perdamaian atas upayanya mewujudkan dunia lebih teratur dan damai pada 2001.

Ia juga memimpin Aliansi Revolusi Hijau di Afrika sejak 2007. Aliansi Revolusi Hijau adalah sebuah organisasi yang bertujuan meningkatkan hasil produk pertanian dan perkebunan di Afrika sekaligus melawan kelaparan, kekurangan air dan erosi tanah. 

Kofi Annan (IPA: /kofi ænən/) anak dari Victoria dan Henry Reginald Annan yang lahir di wilayah Kofandros Kumasi, Ghana. Nama "Kofi" berarti "terlahir pada hari Jumat". Annan yang lahir sebagai anak kembar dianggap sebuah peristiwa spesial oleh tradisi Ghana. Saudara kembarnya (Efua) meninggal pada tahun 1991.


Keluarga Annan merupakan bagian kelompok elit Ghana. Kedua kakeknya serta pamannya adalah kepala suku. Ayahnya berdarah setengah Asante dan setengah Fante, sedang ibunya seorang suku Fante. Ayah Annan bekerja cukup lama sebagai manajer ekspor perusahaan cokelat Lever Brothers.


Ia memperoleh bea siswa dari Ford Foundation yang membantunya menyelesaikan studi di Macalester College, Minnesota, US dan lulus pada 1961. Koffie Annan mampu dan fasih berbicara dalam 5 bahasa, Inggris, Prancis, dan tiga bahasa Afrika dengan aksen berbeda.

Pada 13 Desember 1996, Annan terpilih oleh Dewan Keamanan PBB sebagai Sekretaris Jenderal, dan dikukuhkan empat hari kemudian lewat pemungutan suara di Majelis Umum. Annan segera mengambil sumpah jabatan, dan memulai masa jabatannya yang pertama sebagai Sekretaris Jenderal pada 1 Januari 1997.

Annan menggantikan Sekretaris Jenderal Boutros Boutros-Ghali dari Mesir, yang berakhir masa jabatannya. Ia menjadi orang pertama dari sebuah negara Afrika Hitam yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Masa jabatan Annan sebagai Sekjen diperbarui pada 1 Januari 2002, dalam sebuah penyimpangan yang tidak lazim dari kebijakan yang tak resmi. Jabatan ini biasanya berotasi di antara benua, masing-masing dengan dua masa jabatan.

Karena pendahulu Annan adalah Boutros-Ghali yang juga berasal dari Afrika, Annan biasanya hanya akan menjabat satu masa jabatan. Perpanjangan masa jabatannya menunjukkan popularitas Annan.