Kip Stephen Thorne

LahirAmerika Serikat, 1 Juni 1940
Profesi
Karier
  • Ahli Fisika Amerika Serikat

Kip Stephen Thorne dikenal sebagai seorang ahli fisika Amerika Serikat. Ia berkontribusi terhadap fisika gravitasi dan astrofisika.

Thorne menjabat sebagai Dosen Fisika Teori Feynman di Institut Teknologi California (Caltech) sampai tahun 2009 dan merupakan salah satu pakar yang mempelajari pengaruh teori relativitas umum Einstein terhadap astrofisika.

Ia masih melanjutkan penelitian ilmiahnya dan ditunjuk sebagai konsultan ilmiah sekaligus produser eksekutif untuk film fiksi ilmiah Interstellar (2014).

Thorne telah menulis dan menyunting buku bertopik teori gravitasi dan astrofisika energi tinggi. Pada tahun 1973, ia bersama Charles Misner dan John Wheeler menlis buku teks klasik Gravitation; dari buku inilah sebagian besar ilmuwan generasi modern belajar tentang teori relativitas umum.

Tahun 1994, ia menerbitkan Black Holes and Time Warps: Einstein's Outrageous Legacy, buku untuk non-lmuwan yang dianugerahi sejumlah penghargaan. Buku tersebut telah dicetak dalam enam bahasa dan tersedia dalam bahasa Cina, Italia, Ceko, dan Polandia.