Kim Jong-nam

Politisi Korea Utara
Lahir: Pyongyang, Korea Utara, 10 Mei 1971
Karir
  • Politisi Korea Utara
Pendidikan
  • Kim Il-sung University

Kim Jong-Nam adalah saudara tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Ia dikabarkan meninggal di Kuala Lumpur, Malaysia. Kabar tewasnya Kim Jong Nam, kontan menyedot perhatian publik. Namun, hingga saat ini, belum ada satu pihak pun yang mampu memberikan kepastian secara terbuka atas kabar ini. Dua agen wanita Korut diyakini mendalangi langsung pembunuhan terhadap Jong-Nam.

Kim Jong Nam merupakan anak laki-laki tertua dari mantan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il. Dia mengambil posisi berseberangan dengan adiknya yang memegang tampuk kekuasaan di Korut. Sejauh ini, penyebab kematian Jong-nam dan siapa pembunuhnya masih menjadi tanda tanya.

Sejumlah saksi mata menyebut Jong-nam telah diracun, namun hal ini masih harus dipastikan melalui uji forensik. Kim Jong-nam dibunuh saat sedang menunggu penerbangan menuju Makau di bandara di dekat Kuala Lumpur, Malaysia. Namun, kematiannya baru diumumkan ke muka umum pada Selasa (14/2/2017).

Kim Jong-nam lahir di Pyongyang, ibunya bernama Song Hye-rim, salah satu dari tiga wanita yang diketahui telah memiliki anak dengan Kim Jong-il. Karena Kim Jong-il ingin menjaga perselingkuhannya dengan Song akibat penolakan dari ayahnya Kim Il-sung, ia mengeluarkan Kim Jong-nam dari sekolah, dan menitipkannya pada kakak tertua Song tua Song Hye-rang, dan mengajarinya di rumah. Ia dibawa ke Moskow saat berusia 8 tahun, ketika Korea Utara dan Uni Soviet masih memiliki hubungan baik.


Semasa ia berkuliah dis ebuah universitas di Switzerland, Kim mengambil jurusan teknologi. Pada tahun 1998 setelah ia kembali ke Pyongyang, ia bekerja di sebuah perusahaan komputer negara dan diangkat menjadi Komite yang bertanggung jawab pada setiap inisiatif teknologi di Korea Utara. Dia juga memfasilitasi penggunaan negara "intranet," sebuah sistem jaringan yang memungkinkan para pejabat dan siswa disekolah bisa memiliki akses internet, namun tidak dapat terhubung dengan dunia luar .

 

Sentimen Terkini
History Sentimen
Positive
Neutral
Negative
Juli 2020
Data diambil dari 500 top media online dan 28 sentiment publik
71%
11%
18%
DarkLight