Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov

Atlet Beladiri Rusia
LahirDagestan, Rusia, 20 September 1988
ProfesiAtlet Beladiri Rusia
Karier
  • Atlet Beladiri Rusia
Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov atau lebih dikenal Khabib Nurmagomedov merupakan atlet beladiri campuran asal Rusia. Khabib merupakan atlet bela diri papan atas. Dia merupakan atlet Rusia pertama yang memenangkan gelar UFC.

Khabib lahir di Desa Sildi, Dagestan, sebuah republik otonom di bawah negara Rusia, pada 20 September 1988. Dia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak Khabib bernama Magomed dan adiknya bernama Amina. Khabib tinggal di Dagestan hingga beranjak dewasa. Lalu, dia dan keluarganya pindah ke Kiev, Ukraina. Di sana, dia belajar bela diri Combat Dobro.

Khabib mulai menggemari seni bela diri ketika ayahnya membuka gimnasium di lantai satu rumah mereka. Kegemarannya berawal dari melihat murid-murid berlatih di gimnasium tersebut. Namun, pelatihan bela diri Khabib sudah dimulai ketika dia masih berumur delapan tahun. Khabib belajar gulat dari ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Tiga hari menjelang ulang tahunnya yang ke sembilan, ayahnya memberikan ujian bergulat melawan anak beruang yang diikat ke pohon.

Khabib terus mempelajari seni bela diri hingga dewasa. Pada 8 Oktober 2018, dia berada di peringkat kedua pound-for-pound rankings UFC. Pada Minggu (7/10/2018), dalam pertandingan UFC 229, dia berhasil melawan Conor McGregor. Namun, ada insiden tak mengenakkan yang terjadi setelah pertandingan. Dia memanjat oktagon, lalu menerjang Dillon Danis, rekan latihan Conor. Khabib meminta maaf atas insiden tersebut. Hal itu dilakukan karena dia tak tahan dengan hinaan berbau rasial dan agama yang dilontarkan Conor.