Kevin Sanjaya Sukamuljo

Atlet Bulutangkis
LahirBanyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 2 Agustus 1995
ProfesiAtlet Bulutangkis
Karier
  • Atlet Bulutangkis

Pria kelahiran Banyuwangi 21 tahun lalu ini adalah pemain bulutangkis timnas Indonesia. Ia bermain di nomor ganda putra bersama dengan Marcus Gideon. Kevin merupakan jebolan PB Djarum Kudus dan bergabung sejak 2007. Namanya sontak terdengar luas setelah membela timnas Indonesia di beberapa ajang bulutangkis.

Di usia yang masih terbilang muda, Kevin –bersama dengan pasangan ganda putra- beberapa kali menuai prestasi internasional. Di tahun 2015 lalu, bersama dengan tim putra lainnya ia ikut andil dalam menyumbang emas ASEAN Games bagi Indonesia. Prestasi Kevin sesungguhnya telah terlihat sejak dia masih bermain di level junior.

Di tahun 2013, Kevin menjadi finalis World junior Championship. Sebelum bermain di nomor ganda putra, Kevin sempat bermain di nomor tunggal putra dan juga ganda campuran.

Kevin bersama dengan Gideon menjadi pelapis kedua nomor ganda putra Indonesia bagi Hendra-Ahsan dan Ricky-Angga. Di tahun 2016, prestasinya adalah juara Malaysia Master dengan mengalahkan pemain senior tuan rumah, serta juara Chinese Taipei Master yang juga mengalahkan pemain dari Malaysia. Saat ini, Kevin bersama dengan pasangan ganda putra, Marcus Gideon menempati peringkat 11 dunia.

Dalam ajang China Open Super Series Premier tahun 2017, Kevin bersama pasangannya Marcus Gideon berhasil menjadi juara. Kevin dan Marcus berhasil menumbangkan pasangan asal denmark Mathias Boe dan Carsten Mogensen  21-19 dan 21-11.

Pada tanggal 16 September 2018, Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon berhasil mempertahankan gelar Japan Open 2018, duet "Minions" keluar sebagai juara ganda putra setelah mengalahkan Li Junhui/Liu Yuchen (Cina) di final.

Atlet Cina tidak diberkan kesempatan untuk merebut satu set, yang berakhir 21-11 dan 21-13 dalam 38 menit.