Justin Trudeau

LahirKanada, 25 Desember 1971
Profesi
Karier
  • Anggota Parlemen Kanada untuk Papineau (2008)
  • Pemimpin Partai Liberal Kanada (2013)
  • Perdana Menteri Kanada ke-23 (2015)
Pendidikan
  • Sarjana Pendidikan dari University of British Columbia
  • Bachelor of arts dalam bidang sastra dari McGill University


Justin Pierre James Trudeau MP PC adalah seorang politisi Kanada yang tengah menjabat sebagai Pemimpin Partai Liberal Kanada. Ia merupakan putra sulung Pierre Trudeau, tokoh yang lama menjabat sebagai Perdana Menteri Kanada, dan Margaret Trudeau.

Trudeau terpilih sebagai anggota Parlemen untuk konstituensi Papineau pada tahun 2008 dan kembali terpilih pada tahun 2011. Ia pernah menjabat sebagai anggota kabinet bayangan partai untuk pemuda dan multikulturalisme, kependudukan dan imigrasi, serta pendidikan tinggi, pemuda, dan olahraga amatir.

Pada tanggal 14 April 2013, Trudeau terpilih menjadi Pemimpin Partai Liberal Kanada. Dengan menangnya Partai Liberal dalam Pemilihan umum Kanada dengan suara mayoritas pada tanggal 19 Oktober 2015, ia terpilih menjadi Perdana Menteri Kanada ke-23.

Trudeau memiliki gelar bachelor of arts dalam bidang sastra dari McGill University dan gelar Sarjana Pendidikan dari University of British Columbia. Setelah lulus, ia bekerja sebagai pengajar ilmu sosial dan bahasa Perancis di West Point Grey Academy dan Sir Winston Churchill Secondary School di Vancouver, British Columbia.

Sejak 2002 hingga 2004, ia mempelajari ilmu teknik di Université de Montréal. Ia juga sempat mengikuti pendidikan untuk meraih Master of Arts dalam bidang geografi lingkungan di McGill University, sebelum akhirnya berhenti dari pendidikannya untuk berkarier di ranah publik.

Pada awal 2017, ketika presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengeluarkan kebijakan mengenai imigrasi dengan melarang masuknya imigran dari tujuh negara Islam. Namun, tidak demikian dengan Trudeau. Trudeau justru mempersilakan para pengungsi yang hendak masuk ke Kanada.  Iamembuka pintu bagi para pengungsi, khususnya mereka yang datang dari negara-negara konflik seperti Suriah.