Jonru Ginting

Pegiat Media Sosial Indonesia
LahirSumatera Utara, Indonesia, 7 Desember 1970
ProfesiPegiat Media Sosial Indonesia
Karier
  • Pegiat Media Sosial Indonesia

Jonru Ginting adalah seorang pegiat media sosial yang juga seorang penulis. Jonru Ginting juga dikenal sebagai pengusaha y self publishing dapurbuku.com dan proyek Sekolah Menulis Online. Selain itu ia juga pendiri Penulislepas.com, Belajarmenulis.com, dan Ajangkita.com.

Ia lulus dari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang, tahun 1998.

Selama Pilpres 2014, Jonru aktif mengkritisi capres Joko Widodo dan mendukung Prabowo Subianto. Ia mendeskripsikan Prabowo sebagai sosok yang ramah, membumi, apa adanya, dan sangat santai, namun di sisi lain, ia juga mengakui kelebihan Jokowi yang dianggapnya mau bekerja. Ia juga menyatakan suatu saat ingin bertemu Jokowi.

Selama dan pasca pilpres 2014, Jonru menjadi sasaran keisengan pengguna media sosial yang membuat seolah nama Jonru menjadi lema (entry) dalam kamus besar bahasa Indonesia yang berarti "memfitnah atau menjelekkan nama orang lain" oleh Rivan Heriyadi.

Diketahui bahwa Ahmad Sahal juga berkicau hal serupa dengan menyatakan menjonru berarti "menghalalkan fitnah kepada orang yang tidak disukai." Atas perbuatan ini, Jonru melaporkan keduanya ke Polda Metro Jaya atas perbuatan mencemarkan nama baik.

Di tengah usaha gencar pemerintah memerangi akun-akun penyebar kebencian, aktivis media sosial Jonru Ginting merasa dirinya dikait-kaitkan dan terlibat dalam jaringan Saracen.

Tak cukup membantah, ia bahkan berani meminta kepada Tuhan agar dirinya bisa segera mendapatkan azab kalau tuduhan itu benar adanya.