Johannes Marliem

Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat
Lahir-
ProfesiDirektur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat
Karier
  • Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat

Johannes Marliem adalah Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat, sebuah perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik. Dalam persidangan kasus korupsi e-KTP nama Johannes Marliem disebut sebagai saksi kunci. Nama Johannes Marliem bahkan disebut sampai 25 kali oleh jaksa KPK.

Nama Johannes Marliem dinyatakan aktif dalam pertemuan ketika membahas proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) sejak awal. Tapi ia belum pernah dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan perkara tersebut.

Marliem disebut sebagai penyedia produk automated finger print identification system (AFIS) merek L-1 untuk proyek kartu tanda penduduk elektronik.  Marliem baru muncul ketika KPK telah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka. Johannes mengklaim memiliki rekaman selama empat tahun pertemuan membahas proyek pengadaan e-KTP tersebut. 

Johannes Marliem pada 2011 menyerahkan US$ 20 ribu kepada Sugiharto melalui seorang pegawai Kementerian Dalam Negeri untuk biaya menyewa pengacara Hotma Sitompoel, lalu pada pada Maret 2012, Johannes Marliem menyaksikan Andi Agustinus menyerahkan US$ 200 ribu kepada Diah Anggraini. 

Ia lalu meninggalkan Indonesia begitu proyek ini ditengarai ada masalah dan berujung pada terbongkarnya kasus korupsi e-KTP oleh KPK. Sejak itu, ia tinggal di Singapura dan Amerika Serikat.