Joaquin Phoenix

LahirSan Juan, Puerto Rico, 28 Oktober 1974
Profesi
Karier
  • Aktor Amerika Serikat
Joaquin Rafael Phoenix atau yang lebih dikenal dengan nama Joaquin Phoenix merupakan seorang aktor dari Amerika Serikat yang sudah berkarier sejak tahun 1986. Joaquin mulai dikenal sejak bermain di film River: Seven Brides for Seven Brothers pada tahun 1982.

Pria ini dikenal juga dengan nama Leaf Phoenix, dia juga bermain di film Backwards: The Riddle of Dyslexia sebagai Robby Ellsworth pada tahun 1984.

Dia juga bermain di film Walk the Line pada tahun 2005. Sempat vakum dari dunia akting pada tahun 2010 namun, pada tahun 2011 dia kembali bermain di drama The Master pada tahun 2012 yang disutradarai oleh Paul Thomas Anderson.

Untuk kehidupan pribadi Phoenix pernah menjalani rehabilitasi alkohol pada awal april 2005. Dia hidup bersama pasangannya Rooney Mara sejak tahun 2016.

Pria kelahiran San Juan, Puerto Rico 28 Oktober 1974 ini merupakan seorang aktivis sosial, dia pernah terlibat di kegiatan sosial seperti Amnesty International, The Art of Elysium, HEART, dan Aliansi Perdamaian.

Dia juga seorang vegan, Selama bertahun-tahun, dia telah berkolaborasi dengan organisasi hak-hak hewan untuk menyebarkan kesadaran tentang penyiksaan hewan dan untuk mempromosikan veganisme.

Pada Juli 2018 dia menandatangani kontrak untuk bermain film sebagai Joker di film "untitled Joker film" garapan Jacques Audiard yang diperkirakan rilis pada tahun Oktober 2019 mendatang.

Warner Bros memastikan bahwa film Joker yang berdiri sendiri ini tidak akan mempengaruhi DC Universe, di mana karakter Joker diperankan Jared Leto. Warner Bros juga sedang mengembangkan film Joker yang berdiri sendiri dan diperankan Leto.

Joaquin kembali menjadi perbincangan warganet, karena trailer film "Joker" sudah rilis pada 3 April 2019. Trailer film ini menuai banyak pujian, hingga setelah 14 jam penayangan trailernya film ini sudah mendapatkan viewers lebih dari 10 juta kali.