Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan

LahirSurabaya, Jawa Timur, Indonesia, 28 Desember 1999
Profesi
Karier
  • Penyanyi Indonesia

Iqbaal adalah aktor dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan anggota dari grup vokal pria yang pertama, CJR yang dulunya sebelum tanggal 23 Februari 2014 bernama Coboy Junior dan anggota kedua, Project Jr. 8 sejak tahun 2017. Selain berkarya bersama group vocal CJR dan Project Jr. 8, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan secara personal sudah menghasilkan dua mini album yaitu Songs For SoniQ I (2013) dan Songs For SoniQ II (2014).

Selain Untitled Song (US) yang ditulis tahun 2013, baru baru ini Iqbaal menulis lagu baru yang berjudul Semesta dan direncanakan rilis di dalam mini album Songs For SoniQ III, tahun 2016 ini. Komunitas penggemar Iqbaal sendiri dikenal dengan sebutan SoniQ (sobatnya Iqbaal). Bersama SoniQ, Iqbaal sudah menghasilkan 3 mini album Songs From SoniQ 2013, Songs From SoniQ 2014, dan Songs From SoniQ 2015.

Nama Iqbaal kembali mencuat di publik ketika ia terpilih sebagai sosok Dilan dalam film adaptasi dari novel DILAN: DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1990 karya penulis Pidi Baiq. Dalam film Dilan, Iqbaal akan beradu peran dengan sejumlah nama lain seperti Vanesha Prescilla (Milea), Gusti Rayhan (Akew), Steffi Zamora (Susi), Yoriko Angeline (Wati), Zulfa Maharani (Rani), dan Debo Andryos (Nandan). 

Di balik kabar Iqbaal Dhiafakhri jadi Dilan, muncul berbagai pendapat dari netizen. Ada yang menyatakan setuju jika Iqbaal Dhiafakhri jadi Dilan, tapi ada juga yang mengatakan Iqbaal Dhiafakhri kurang cocok jadi pemeran Dilan. Namun, akhirnya Iqbal sukses memerankan tokoh eksentrik.

Kontroversi kembali menerpa Iqbal saat dia ditunjuk untuk memerankan tokoh Minke dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Salah satu novel tetralogi Pulau Buru itu diangkat menjadi film oleh sutradara kawakan Hanung Bramantyo. Netizen banyak yang menilai bahwa Iqbaal tidak cocok untuk memerankan tokoh bersejarah itu.

Pada 16 Januari 2019, trailer film sekuel Dilan 1990 yaitu Dilan 1991 dirilis Iqbal menghadiri acara perilisan bersama Vanesha Prescilla. Rencananya film adaptasi dari novel karangan Pidi Baiq ini akan dirilis pada 28 Februari 2019 mendatang.