Hikmahanto Juwana

Guru Besar Hukum UI
Lahir: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 23 Oktober 1965
Karir
  • Asisten Jaksa OC Kaligis SH & Associates Kantor Hukum (1986-1987)
  • Peneliti Associate Nusantara Institute (1992-1993)
  • Konsultan Hukum Law Firm Lubis Ganie Surowidjojo (1994-1997)
  • Staf Ahli Kemenko Perekonomian Bidang Hukum dan Kelembagaan (2000-2001)
  • Asisten (eselon II/a) urusan Hak Atas Kekayaan Intelektual pada Asisten Menko Ekuin III Kemenko Ekuin (1999-2000)
  • Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2004-2008)
  • Anggota Dewan Komisaris dan Ketua Komite Audit PT. Aneka Tambang Tbk (2009)
  • Guru Besar Hukum UI
Pendidikan
  • Fakultas Hukum Universitas Indonesia
  • Universitas Indonesia
  • University of Nottingham

Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D lahir pada tanggal 23 November 1965 di Jakarta. Ia adalah putra kedua dari pasangan Juwana dan Siti Aisjah. Saat ini Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D memiliki tiga anak dari pernikahannya dengan Nenden Esty Nurhayati, yaitu Ogi Pratama Juwana, Tannia Meisa Juwana, dan Afira Diara Juwana.

Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D menikahi Nenden Esty Nurhayati pada tanggal 10 Maret 1990. Ia membebaskan memberi kebebasan kepada  Nenden Esty Nurhayati untuk memilih membina karier atau mengurus rumah tangga.

Bagi Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D, adalah perbuatan tidak adil bila perempuan yang berpendidikan tinggi, orang tuanya sudah menghabiskan banyak biaya, justru berhenti bekerja karena dilarang suaminya.

Pada saat muda Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D berkeinginan untuk menempuh studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), lalu bekerja untuk Departemen Luar Negeri dan menjadi seorang Diplomat. Keinginan itu disebabkan karena ayah Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D, yaitu Juwana adalah seorang duta besar.

Setelah lulus dari jenjang pendidikan atas, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D melanjutkan studinya ke Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta. Di tahun 1992, Ia melanjutkan pendidikan masternya di Jepang dan meraih gelar Master of Law (LL.M).

Pada tahun 1992 juga, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D melanjutkan program doktoral di Universitas Indonesia. Tetapi, program ini tidak diselesaikannya. Ia justru melanjutkan program doktoralnya di University of Nottingham, Inggris. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D pun berhasil meraih gelar PhD-nya pada tahun 1997. 

Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D dikukuhkan sebagai profesor termuda di bidang Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). Ia juga pernah menjabat sebagai dekan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) dari tahun 2004 hingga 2008. 

Dalam ajang Debat Pilpres 2019, dia menjadi salah satu tim Panelis. Selain Hikmanto Juwana, dalam debat yang berlangsung pada tanggal 17 Januari 2019 itu terdapat panelis lainnya yaitu Bagir Manan, Agus Rahardjo, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti dan Margarito Kamis.

DarkLight